Sukses

Tips Bijak Konsumsi Makanan di Restoran All You Can Eat

Jangan sampai kalapnya Anda di restoran All You Can Eat menciptakan sampah makanan yang terbuang sia-sia, atau bahkan bikin Anda curang.

Liputan6.com, Jakarta - Restoran berkonsep All You Can Eat (AYCE) mampu menarik konsumen lantaran tergiur iming-iming makan sepuasnya. Beragam menu yang ditawarkan sehingga konsumen bisa memilih mana yang disukainya, baik makanan maupun minuman. 

Namun, tak semua konsumen bijak memesan makanan saat berada di restoran all you can eat. Dalam satu video yang viral di TikTok pada medio Maret 2021, terlihat seorang konsumen sengaja membuang makanan ke toilet agar tidak terkena biaya tambahan. Ia juga kedapatan membungkus makanan untuk dibawa pulang.

Sontak, perilakunya menuai kecaman. Selain mubazir, ia juga tak jujur dan bertanggung jawab atas perilakunya memesan berlebihan. Padahal, restoran all you can eat sengaja menerapkan biaya tambahan agar konsumen tidak mudah buang-buang makanan.

Lalu, bagaimana cara bijak mengonsumsi makanan sepuasnya di restoran all you can eat? Berikut tips dari Boga Group dalam rilis yang diterima Liputan6.com, beberapa waktu lalu.

1.Kelilingi etalase dan lihat semua pilihan menu

Sesampainya di restoran, hal pertama yang perlu dilakukan sebelum mulai mengambil makanan adalah mengelilingi seluruh etalase restoran. Hal ini bertujuan untuk terlebih dahulu melihat variasi menu yang tersedia sebelum memutuskan apa yang ingin diambil. Meski harus menunda 5-10 menit untuk makan, hal ini akan membantu proses seleksi makanan sembari merekam catatan makanan yang akan diambil kemudian.

2. Atur porsi makanan

Pernahkah Anda penasaran mengapa piring yang disediakan di etalase restoran tidak berukuran besar? Jawabannya, untuk mengontrol porsi yang diambil. Piring berukuran besar akan menstimulasi alam bawah sadar untuk mengambil porsi banyak agar piring penuh. Hal ini sebaiknya dihindari.

Mulailah dengan porsi kecil agar Anda bisa menikmati banyak varian makanan yang ditawarkan. Setelah mencicipi semua varian, barulah mengambil porsi tambahan berdasarkan apa yang disukai. Dengan demikian, makanan tak bersisa.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Atur keseimbangan jenis makanan

Hal lain yang bisa dilakukan agar lebih bijaksana menikmati makanan adalah dengan mengambil jenis makanan yang seimbang. Jika Anda ingin menyantap lebih banyak protein, seperti daging, sebaiknya porsi karbohidrat seperti nasi atau kentang tidak terlalu banyak. Atur juga urutan jenis makan agar tidak tumpang tindih, seperti dimulai dengan kudapan, dilanjutkan dengan makanan berat dan ditutup dengan penyegar.

4. Pilih jenis minuman dan penyegar yang ringan

Selain makanan, perhatikan pula minuman dan penyegar yang dikonsumsi. Memang, minuman dan penyegar cenderung manis sehingga terlihat sangat nikmat dan menggiurkan. Namun, hal ini juga akan membuat perut cepat kenyang. Apabila jenis minuman dan penyegar tidak diatur dengan baik, Anda akan cepat kekenyangan meski makanan belum disantap semuanya

5. Tanamkan mindset yang tepat pada diri sendiri

Poin terakhir dan yang paling utama, atur mindset yang tepat di kepala sebelum memasuki restoran AYCE. Sebaiknya, mindset yang dibawa adalah menikmati berbagai hidangan yang ada, bukan hanya untuk makan banyak dan puas dalam satu jam, misalnya. Dengan mindset yang tepat, Anda akan lebih bijak dalam menikmati makanan yang diambil.

3 dari 3 halaman

Camilan Tradisional Tampil Lebih Kekinian

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.