Rumah Super Canggih yang Jadi Saksi Bisu Perjalanan Cinta Bill Gates dan Melinda Sebelum Bercerai

Oleh Liputan6.com pada 04 Mei 2021, 14:02 WIB
Diperbarui 04 Mei 2021, 14:02 WIB
Bill Gates dan Melinda Cerai Usai 27 Tahun Menikah, Ini 5 Faktanya
Perbesar
Bill Gates dan Melinda (Sumber: Instagram/melindafrenchgates)

Liputan6.com, Jakarta - Bill Gates dan Melinda mengejutkan publik dengan pengumuman perceraian mereka setelah 27 tahun bersama pada Senin, 3 Mei 2021, waktu AS. Pasangan filantropis itu memutuskan mengakhiri pernikahan setelah melewati banyak pertimbangan dan usaha.

Kisah perjalanan cinta mereka banyak dikagumi orang. Pasangan itu menikah pada 1994 di Manele Bay Hotel, Hawaii. Pesta tersebut termasuk salah satu pernikahan paling eksklusif yang pernah ada lantaran Bill diketahui memesan seluruh kamar hotel dan helikopter di Maui untuk mencegah warga tak diundang meliput acara mereka dari atas.

Menurut Business Insider, dikutip Selasa (4/5/2021), biaya yang dikeluarkan untuk pesta tersebut mencapai 1 juta dolar AS atau Rp14 miliar, biaya yang fantastis pada masa itu. Selama menikah, Bill dan Melinda menempati sebuah rumah mewah di Medina, Amerika Serikat.

Harga rumah itu ditaksir sekitar Rp1,8 triliun. Rumah Bill Gates adalah sebuah mansion besar yang menghadap ke arah Danau Washington di Medina. Rumah selua 6.100 meter persegi itu dijuluki Xanadu 2.0 yang diketahui memasukkan teknologi canggih.

Rumah itu dirancang secara kolaboratif oleh Bohlin Cywinski Jackson dan Cutler-Anderson Architects dari Bainbridge Island , Washington. Xanadu 2.0 dirancang dengan desain modern dalam gaya Pacific Lodge. Atap-atap yang tinggi, kayu-kayu, dan jendela kaca yang luas adalah ciri dari arsitektur Pacific Lodge.

Diperlukan sekitar setengah juta kaki atau sekitar 152.400 m papan kayu untuk menyelesaikan proyek tersebut. Rumah ini dibangun dengan pohon cemara Douglas berusia 500 tahun, dan dikerjakan oleh 300 pekerja konstruksi, 100 orang di antaranya adalah ahli listrik.

Rumah Bill Gates dirancang sedemikian rupa untuk mendapatkan ketenangan dan juga privasi. Xanadu 2.0 dilindungi dengan pagar alami seperti pepohonan dan juga semak-semak yang bisa membuat suhu rumah terasa nyaman dalam berbagai musim.

Terdapat sensor dengan teknologi tinggi yang bisa membantu memantau iklim dan pecahayaan ruangan. Setiap tamu yang datang akan diberikan pin yang bisa berinteraksi dengan sensor yang terdapat di seluruh bagian rumah. Para tamu juga akan merasa seperti diikuti oleh suara musik yang berasal dari pengeras ruangan di setiap ruangan.

 

 

2 dari 4 halaman

Fasilitas Lengkap dan Canggih

Rumah Super Canggih yang Jadi Saksi Bisu Perjalanan Cinta Bill Gates dan Melinda Sebelum Bercerai
Perbesar
Rumah Super Mewah dan Canggih yang Jadi Saksi Bisu Kehangatan Cinta Bill Gates dan Melinda. (dok. Youtube Therichest/ https://www.youtube.com/watch?v=ZjyVjU4gkHM/ Dinda Rizky)

Xanadu 2.0 memiliki tujuh kamar tidur, tujuh ruang makan lengkap dengan enam dapur yang tersebar di seluruh rumahnya. Selain itu, rumah ini dilengkapi dengan koki pribadi yang siap melayani selama 24 jam. Rumah Bill Gates juga memiliki 24 kamar mandi, 10 di antaranya berisi bathub.

Para tamu yang datang ke rumah ini akan dimanjakan dengan fasilitas yang tak kalah mewah dengan rumah utama. Rumah tamu seluas 274 m² ini juga memiliki dapur modern, ruang utama yang mewah, dan kamar mandi yang luas. Rumah tamu itu dibangun sebagai uji coba teknologi untuk rumah utamanya. Jadi, bisa dibilang kalau guest house ini adalah miniatur dari rumah utama dengan teknologi yang sama canggihnya.

Tamu yang datang juga bisa menikmati home theatre seluas 450 m² yang didesain dengan gaya art deco. Bioskop mini ini bisa menampung 20 tamu lengkap dengan kursi dan sofa yang nyaman, serta mesin pembuat popcorn otomatis.

Memiliki hobi membaca, Bill Gates membangun sebuah perpustakaan pribadi di rumahnya. Perputakaan seluas 640 m² ini dilengkapi dengan atap kubah dan rak buku rahasia yang terhubung dengan beberapa ruang rahasia seperti bar tersembunyi. Perpustakaan ini juga memiliki manuskrip asli milik Leonardo da Vinci dari abad ke-16, Codex Leicester yang dibeli dengan harga 30 juta dolar AS atau sekitar Rp432 miliar.

Rumah Bill Gates menggunakan teknologi ‘Cloud’. Lantainya diatur menjadi lebih sensitif pada tekanan yang ada di atasnya. Ini akan mempermudah pihak keamanan dari Xanadu 2.0 mendeteksi siapa saja yang ada di dalam rumah hanya dari berat langkah kaki.

Bill Gates juga memiliki danau pribadi dan beberapa boat yang biasa digunakan oleh keluarga dan teman-temannya saat liburan musim panas. Pasir yang ada di rumah Bill Gates ternyata diimpor langsung dari St. Lucia, Karibia setiap tahunnya.

Ada beberapa lokasi tempat parkir mobil berbeda yang ada di kawasan rumahnya yang totalnya bisa menampung 23 mobil. Rumah ini juga memiliki garasi bawah tanah yang bisa menampung hingga 10 mobil dan terbuat dari beton dan stainless steel. Masih banyak fasilitas lain yang terdapat di rumah mewah milik Bill Gates dan Melinda, yang disebut-sebut sebagai rumah impian setiap orang. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

 

Rumah Super Canggih yang Jadi Saksi Bisu Perjalanan Cinta Bill Gates dan Melinda Sebelum Bercerai
Perbesar
Manuskrip asli milik Leonardo da Vinci dari abad ke-16, Codex Leicester seharga Rp432 miliar yang ada di perpusakaan pribadi Bill Gates. (dok. Youtube Therichest/ https://www.youtube.com/watch?v=ZjyVjU4gkHM/ Dinda Rizky)
3 dari 4 halaman

Perceraian di Indonesia

Infografis Perceraian di Indonesia
Perbesar
Perceraian di Indonesia 2016 (liputan6.com/trie yas)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓