Sukses

Dicari, Pelajar SMA dan Mahasiswa S1 untuk Terima Beasiswa Dana Pendidikan

Beasiswa dtujukan pada 400 pelajar SMA sederajat dan 10 mahasiswa S1 di area Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Karawang, Lebak, dan Sukabumi.

Liputan6.com, Jakarta - Tertuju pada pelajar SMA dan mahasiswa S1, SCG Indonesia kembali menginisiasi beasiswa pendidikan bertajuk "Sharing the Dream 2021." Total ada 400 pelajar SMA sederajat dan 10 mahasiswa S1 di area Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, Karawang, Lebak, dan Sukabumi yang akan menerima beasiswa berupa dana pendidikan tersebut.

Pendaftaran program beasiswa ini telah dibuka sejak 16 April lalu. "Pendaftaran bagi siswa SMA sederajat akan tutup 9 Mei 2021. Lalu, (penutupan pendaftaran beasiswa bagi) mahasiswa S1 berakhir pada 17 Mei 2021," kata Novia Kardiyanti, Brand Communication PT SCG Indonesia, dalam konferensi pers virtual, Senin, 3 Mei 2021.

Lebih lanjut Novia menjelaskan persyaratan pendaftaran bagi siswa SMA, yakni merupakan siswa kelas 10--12 tahun akademik 2021/2022 yang bersekolah di Jakarta, Bogor, Tangerang Selatan, Karawang, Sukabumi, dan Lebak. Kemudian, melengkapi data dan mengirimkan dokumen yang diminta.

Selanjutnya, nilai rata-rata minimal 75 pada dua semester terakhir, tidak pernah terlibat tindak kriminal, dan menghadiri acara penganugerahan beasiswa online. Tahapnya meliputi registrasi daring, sosialisasi, seleksi tahap satu, pengumpulan berkas, pengumuman beasiswa, penganugerahan beasiswa secara daring, dan mengikuti kegiatan lain.

Kemudian, persyaratan untuk mahasiswa dan calon mahasiswa S1, yaitu merupakan alumni SCG Sharing the Dream tingkat SMA, saat ini sedang berkuliah atau merupakan siswa kelas 12 atau baru saja lulus SMA, nilai rata-rata ketika SMA 75 atau IPK minimal 3.00, tidak pernah terlibat tindak kriminalitas, melengkapi data dan dokumen yang diminta, serta menghadiri acara penganugerahan beasiswa online.

"Secara tahap (seleksi beasiswa untuk mahasiswa S1) sama dengan pelajar SMA. Bedanya, ada wawancara online," ucap Novia. Di samping itu, untuk mahasiswa S1, pihaknya juga akan meminta calon penerima beasiswa menuliskan esai dalam Bahasa Inggris. Ini, kata Novia, mempermudah pihaknya membaca karakter calon penerima beasiswa.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Skema Beasiswa Dana Pendidikan

Sebagaimana telah disinggung, beasiswa yang diberikan SCG Indonesia berupa dana pendidikan. Secara lebih detail, Novia mengatakan bahwa bagi pelajar SMA dan sederajat yang terpilih, mereka akan menerima dana pendidikan selama satu tahun ajaran alias dua semester.

"Kemudian, untuk mahasiswa S1 yang terpilih akan mendapat dana pendidikan selama maksimal empat tahun perkuliahan. Besarnya Rp4 juta per semester, dan itu akan diberikan setiap semester," katanya.

"Jadi, semisal mahasiswa sudah di tahun ke-2 perkuliahan, akan dibiayai sampai tahun ke-4. Mahasiswa tahun ke-3, akan dibiayani sampai tahun ke-4," imbuh Novia.

Informasi lebih lanjut terkait program beasiswa Sharing the Dream 2021, sambung Novia, bisa dilihat di laman resmi maupun akun Instagram SCG Indonesia.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan semangat para pelajar dalam meraih mimpi, serta meringankan beban para orangtua, keluarga, dan sekolah dalam memastikan anak melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

3 dari 3 halaman

Infografis Uji Coba Belajar Tatap Muka Sekolah di Jakarta

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.