Sukses

4 Langkah Mudah Memulai Hidup Berkelanjutan Selama di Rumah Aja

Anda dapat memulai perjalanan hidup berkelanjutan perlahan-lahan untuk lingkungan sembari tinggal di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Gaung hidup berkelanjutan tak berkesudahan disuarakan saat ini. Tak sedikit pula masyarakat yang memulai terjun untuk hidup lebih ramah lingkungan, terlebih di masa pandemi Covid-19.

Selain pandemi, krisis iklim saat ini tengah jadi momok untuk Bumi yang mengancam kehidupan makhluk hidup yang ada di dalamnya. Hidup berkelanjutan dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah selama Anda di rumah aja.

Apa saja langkah-langkah itu? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari laman PinkVilla, Senin, 3 Mei 2021, berikut ini.

1. Pengelolaan sampah

Semua sampah yang dihasilkan di rumah perlu dipilah dengan cara yang tepat. Upaya ini dilakukan guna mencegah menimbulkan penyakit dan menghasilkan gas rumah kaca yang berbahaya, seperti metana.

Sampah rumah tangga harus dipilah menjadi sampah biodegradable, sampah kering, dan sampah domestik, sebelum diserahkan kepada pengumpul. Hal ini memastikan bahwa limbah didaur ulang dengan cara yang sudah ditentukan dan kulit sayur serta sisa makanan menjadi kompos.

2. Beralih ke gaya hidup hijau

Ada cara sederhana untuk mengurangi jejak karbon Anda. Jangan lupa, listrik membutuhkan pembakaran bahan bakar fosil. Beralih ke sumber daya energi terbarukan dan memasang bohlam LED di rumah dapat mempengaruhi lingkungan serta kantong Anda, karena mengonsumsi lebih sedikit daya, mengekang penggunaan energi secara drastis.

Mematikan modem WiFi, lampu dan peralatan listrik saat tidak digunakan adalah beberapa kebiasaan dasar yang harus dimulai dari perjalanan Anda. Tujuannya adalah untuk membeli peralatan hemat energi dan menjaga jejak karbon tetap rendah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kebiasaan berkelanjutan

Mengadopsi kebiasaan untuk Reduce, Reuse, Recycle, Refuse, dan Upcycle, yang merupakan langkah sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mendukung kehidupan berkelanjutan. Langkah seperti mengurangi konsumsi, menggunakan kembali barang, mendaur ulang bahan, menolak untuk membeli barang baru, dan mendaur ulang produk untuk membuat barang baru.

Perubahan sederhana lainnya adalah menggunakan botol stainless steel, sikat gigi bambu, mengonsumsi daging nabati, memakai menstrual cup atau pembalut kain, tas kain, dan bateri isi ulang. Pilihlah 'pengiriman bebas sampah atau plastik' dari situs belanja online dan menolak makanan Anda dikirim dalam wadah plastik bersama dengan peralatan makan plastik.

4. Pilih pakaian dan kosmetik yang tepat

Saatnya untuk melawan fast fashion dan membuat pilihan yang lebih cerdas dan bergaya dalam hal mengenakan pakaian. Berburu di toko barang bekas karena itulah cara paling klasik untuk mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang.

Lakukan riset dan beralihlah dari lipstik animal-cruelty menjadi kosmetik vegan. Ada berbagai merek kosmetik vegan, pilih perona mata dan alas bedak Anda dengan bijak.

3 dari 3 halaman

Timbulan Sampah Sebelum dan Sesudah Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.