6 Manfaat Kelapa Muda Bagi Tubuh, Cegah Dehidrasi Hingga Sehatkan Kulit

Oleh Gilar Ramdhani pada 03 Mei 2021, 10:55 WIB
Diperbarui 03 Mei 2021, 10:55 WIB
Air Kelapa Muda
Perbesar
Ilustrasi Foto Air Kelapa (iStockphoto)

Liputan6.com, Jakarta Sekitar 60 persen tubuh manusia terdiri atas cairan. Karena itu, mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap hari merupakan kunci penting untuk mendapatkan kesehatan tubuh yang paripurna. Selain mengonsumsi air putih atau air mineral yang cukup, kamu juga bisa menjadikan air kelapa muda sebagai minuman alternatif untuk mengisi cairan tubuh.

Dikutip dari klikdokter, kelapa muda memiliki lebih banyak air ketimbang kelapa tua. Rasanya pun lebih manis. Dalam secangkir air kelapa muda terdapat 46 kalori, 3 gram serat, dan kandungan elektrolit yang tinggi, terutama kalium. Selain itu, air kelapa muda juga mengandung vitamin C dan zat besi.

Mengonsumsi air kepala sebagai variasi air putih, terlebih selesai berolahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

1. Mencegah dehidrasi

Kandungan yang ada di dalam air kelapa pun disinyalir lebih efektif mencegah dehidrasi ketimbang minuman isotonik atau minuman energi kemasan. Pasalnya, air kelapa mengandung 61 mg kalium dan 1,3 gram gula alami dalam setiap 200 ml. Di sisi lain, minuman isotonik atau energi hanya mengandung setengah dari kalium air kelapa dan pemanis buatannya 5 kali lebih banyak.

2. Mengendalikan tekanan darah

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam “West Indian Medical Journal”, penderita tekanan darah tinggi akan memiliki tekanan darah yang normal setelah mereka rutin minum air kelapa.

3. Memperbaiki Metabolisme

Air kelapa juga dapat membantu memperbaiki proses metabolisme di dalam tubuh. Ini membuatnya mampu menurunkan risiko sejumlah penyakit metabolik, seperti penyakit jantung. Penyakit metabolik ditandai dengan tekanan darah tinggi, gula darah tinggi, trigliserida tinggi, kadar kolesterol jahat (LDL) tinggi, kolesterol baik (HDL) rendah, dan lemak perut berlebih.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Sehatkan Kulit

Menjaga Kesehatan Sel Kulit
Perbesar
Ilustrasi Wajah Sehat Terawat Credit: pexels.com/Tristan

4. Menyehatkan kulit

Kerusakan kulit akibat sinar matahari menjadi salah satu ancaman selain dehidrasi. Selain menggunakan tabir surya, minum air kelapa bisa menjadi upaya pencegahan yang baik, karena air kelapa mengandung banyak vitamin C yang bagus untuk kesehatan kulit.

5. Membantu diet

Ketimbang mengonumsi minuman bersoda atau minuman manis lainnya yang bisa merusak program diet kamu, lebih baik konsumsilah air kelapa. Sebab, air kelapa hanya mengandung 46 kalori!

6. Menurunkan risiko penyakit infeksi

Air kelapa memiliki kandungan vitamin dan mikronutrien, seperti zink, tembaga, mangan, dan selenium. Sejumlah senyawa tersebut dapat mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh, sehingga penyakit infeksi tidak mudah terjadi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Minum Air Kelapa Secukupnya

Manfaat air kelapa bagi kesehatan memang sangat beragam. Meski demikian, kamu tetap harus membatasi porsinya saat mengonsumsi. Jika berlebih, manfaat tersebut malah bisa mengundang dampak yang merugikan. Pasalnya, air kelapa juga memiliki kandungan kalium tinggi, yang dapat mengancam kesehatan ginjal kamu. Risiko tersebut bisa melonjak tinggi jika sedari awal kamu sudah memiliki organ ginjal yang bermasalah.

"Sebenarnya tidak masalah mengonsumsi air kelapa. Tapi, tetap harus berhati-hati, karena air kelapa mengandung kalium tinggi. Pada orang yang sedari awal memiliki masalah ginjal, ginjal akan bekerja ekstra membuang sisa metabolisme kalium," kata dr. Devia Irine Putri.

Selain itu, bagi orang-orang yang rutin minum obat antihipertensi, konsumsi air kelapa juga sebaiknya diperhatikan lagi. Pasalnya, air kelapa dapat menurunkan tekanan darah.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓