Top 3 Berita Hari Ini: Aturan Perjalanan bagi Pengguna Mobil Pribadi Selama Periode Pengetatan Larangan Mudik

Oleh Henry pada 30 Apr 2021, 23:04 WIB
Diperbarui 30 Apr 2021, 23:04 WIB
penyekatan wisatawan saat libur Imlek
Perbesar
Petugas gabungan Satgas COVID-19 memeriksa kendaraan wisatawan di jalur wisata Puncak, Gadog, Bogor, Jawa Barat, Jumat (12/2/2021). Pemeriksaan dan penyekatan sebagai upaya meminimalisir penyebaran COVID-19 saat libur Tahun Baru Imlek 2572 dan akhir pekan. (merdeka.com/Arie Basuki)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 Berita Hari Ini tentang aturan perjalanan selama periode pengetatan larangan mudik. Ketentuan ini pun berlaku bagi pengguna kendaraan pribadi.

Pertama, pelaku pengguna kendaraan pribadi diimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil maksimal 1 x 24 jam sebelum keberangkatan atau tes GeNose C19 di rest area. 

Bila hasil tes RT-PCR, rapid test antigen, atau GeNose C19 negatif, namun ada gejala, pelaku perjalanan mudik tidak boleh melanjutkan perjalanan. Berita kedua yang banyak menarik perhatian adalah seputar Larantuka di Flores Timur, NTT.

Meskipun terletak di ujung timur Pulau Flores, penataan tempat ini cukup menarik. Bangunan di Larantuka dibuat memanjang dari pesisir barat hingga pesisir timur dan diapit dengan gunung serta laut. Larantuka dikenal oleh masyarakat sebagai tujuan wisata rohani bagi umat Katolik.

Larantuka juga pernah menjadi kerajaan, dan merupakan kerajaan Kristen Katolik pertama yang berdiri di Flores.  Ajaran agama Kristen dibawa oleh bangsa Portugis ke Larantuka pada abad ke-15. Berita ketiga yang banyak diminati adalah ratu kecantikan Dallas yang dilaporkan hilang.

Kabar hilangnya Lashun Massey disampaikan pihak Kepolisian Irving, AS. Pemenang Mrs. Dallas ini yang juga pernah menulis buku motivasi. Ia diharapkan untuk ikut kompetisi dalam kontes Mrs Texas, akhir tahun ini.

Ketiga berita tersebut terangkum lengkap dalam Top 3 Berita Hari Ini. Untuk itu, kita simak rangkuman selengkapnya di bawah ini.

Aturan Perjalanan bagi Pengguna Mobil Pribadi Selama Periode Pengetatan Larangan Mudik

FOTO: Ada Larangan Mudik, Jalan Tol Dibatasi Mulai 24 April 2020
Perbesar
Sejumlah kendaraan melintasi ruas Tol Jagorawi, Jakarta, Rabu (22/4/2020). Mulai 24 April 2020, pemerintah akan memberikan sanksi bagi warga yang nekat keluar masuk wilayah Jabodetabek dan wilayah zona merah virus corona COVID-19. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Mendukung kebijakan larangan mudik pada 6--17 Mei 2021, pemerintah juga memberlakukan pengetatan aturan perjalanan pada 22 April--5 Mei dan 18--24 Mei 2021. Ketentuan ini pun berlaku bagi pengguna kendaraan pribadi.

Praktiknya mengacu pada Addendum Surat Edaran (SE) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijirah dan Upaya Pengendalian COVID-19 Selama Bulan Suci Ramadhan 1142 Hijriah.

Selanjutnya…

6 Fakta Menarik tentang Larantuka NTT yang Dijuluki Vatikannya Indonesia

6 Fakta Menarik tentang Larantuka di NTT,
Perbesar
Potret Tradisi Semana Santa di Larantuka, NTT. (dok. Instagram @kupangnet / https://www.instagram.com/p/BUirFmGBlwO/?igshid=1uzqb5g6cfcp6 / Dinda Rizky)

Larantuka merupakan sebuah kecamatan sekaligus ibu kota dari Kabupaten Flores Timur, Nusantara Tenggara Timur (NTT). Meskipun terletak di ujung timur Pulau Flores, penataan tempat ini cukup menarik. Bangunan di Larantuka dibuat memanjang dari pesisir barat hingga pesisir timur dan diapit dengan gunung serta laut.

Larantuka dikenal oleh masyarakat sebagai tujuan wisata rohani bagi umat Katolik. Kota kecil yang terletak di kaki Gunung Mandiri ini, memiliki luas sekitar 75,91 kilometer persegi dengan 18 kelurahan dan dua desa.

Selanjutnya…

Ratu Kecantikan Dallas Dilaporkan Hilang Saat Lari Pagi

Mrs Dallas
Perbesar
Mrs Dallas, Lashun Massey, yang akan mengikuti Mrs Texas akhir tahun ini dilaporkan hilang (dok.instagram/@truecrimesociety/https://www.instagram.com/p/COMCX5njIQw/Komarudin)

Ratu kecantikan Dallas, Lashun Massey, dilaporkan hilang setelah lari pagi, pada Selasa, 27 April 2021. Perempuan itu tidak pulang ke rumahnya seperti biasa untuk mempersiapkan kelas virtual untuk dua sekolah dasar.

Kabar hilangnya perempuan berusia 38 tahun itu disampaikan pihak Kepolisian Irving, AS. Lashun Massey meraih gelar Ph.D di bidang teknik dan pemenang kontes Mrs. Dallas, menurut situs webnya, seperti dilansir dari laman Fox News, Kamis (29/4/2021).

Selanjutnya…

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga

Infografis Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Larangan Mudik Lebaran 2021 dan Siasat Warga. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Kreatif:

Lanjutkan Membaca ↓