Sukses

Geser Selandia Baru, Singapura Jadi Negara Terbaik Menghadapi Pandemi Covid-19

Singapura unggul dalam memberikan vaksinasi Covid-19 kepada seperlima populasi penduduknya.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 belum kunjung berlalu dan masih menjadi persoalan bagi seluruh negara di dunia. Semua negara, termasuk Singapura, yang sangat terdampak karena mengandalkan pariwisata, terus berupaya menekan angka penyebaran COVID-19.

Sejumlah negara baru-baru ini dinyatakan berhasil dalam menangani virus ini. Singapura didapuk sebagai negara yang paling aman dari serangan pandemi COVID-19 di dunia. Bahkan, Negeri Singa itu berhasil mengalahkan Selandia Baru, negara yang juga dinyatakan berhasil menekan penularan virus corona Covid-19.

Dalam Peringkat Ketahanan COVID-19 versi Bloomberg, survei ini menghitung angka setiap bulan untuk mendapatkan gambaran tentang tempat terbaik dan terburuk di era pandemi virus corona. Singapura kini telah mendepak posisi Selandia Baru, yang sebelumnya duduk di peringkat pertama sebagai negara terbaik dalam menghadapi pandemi.

Selandia Baru yang sebelumnya berada di peringkat pertama negara terbaik dalam menghadapi pandemi, harus puas turun satu peringkat ke posisi kedua. Di urutan ketiga ada negara tetangga Selandia Baru, yaitu Australia.

Dilansir dari laman Bloomberg, Jumat (30/4/2021), Indeks Ketahanan terhadap pandemi COVID-19 ini dibuat berdasarkan beragam komponen penilaian. Beberapa di antaranya adalah soal tingkat positif tes Covid-19, tingkat kefatalan, angka kematian, sampai data vaksinasi terhadap warga.

Berdasarkan hasil survei tersebut, Singapura unggul dalam memberikan vaksinasi kepada seperlima populasi penduduknya, atau 20 persen dari total jumlah penduduknya yaitu 5,7 juta jiwa.

Dalam indeks tersebut, Singapura mendapatkan nilai tertinggi dengan 79,9, dan disusul Selandia Baru di posisi kedua yang hanya terpaut 0,1 angka saja, yaitu 79,6. Sementara Australia di posisi ketiga dengan nilai 76,2.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tak Ada Indonesia dan Amerika

"Singapura telah memberikan vaksin yang setara seperlima populasinya, ini termasuk aspek pengendalian pandemi yang membuat negara lain, seperti Selandia Baru, Australia dan Taiwan tertinggal," jelas pihak Bloomberg.

Perbatasan ketiga negara telah ditutup untuk sebagian besar turis asing selama lebih dari setahun, tetapi masing-masing negara dengan hati-hati ingin membuka pariwisata dengan negara lain yang sudah mengendalikan virus. Awal bulan ini, Selandia Baru dan Australia membuka travel bubble bebas karantina antara kedua negara selama tidak ada laporan wabah virus baru. Australia juga sedang dalam pembicaraan dengan Singapura untuk menerapkan kebijakan serupa.

Selain Singapura, Selandia Baru, dan Australia, posisi berikutnya diikuti dengan Israel yang memiliki skor 74,9 dan Taiwan dengan skor 74,7. Sayangnya, nama Indonesia tidak tercantum dalam 10 daftar negara teraman pandemi Covid-19 di dunia itu.

Indonesia hanya menduduki peringkat 34 negara paling tahan terhadap pandemi, dari total 53 negara yang masuk daftar Bloomberg. Skor Indonesia hanya 51,1. Dalan daftar 10 besar juga tidak ada negara dari benua Amerika dan hanya ada satu negara Eropa yang termasuk dalam daftar tersebut.

Berikut Daftar 10 Negara Terbaik di Dunia dalam menghadapi pandemi Covid-19 Versi Bloomberg:

1. Singapura (Skor: 79,7)

2. Selandia Baru (Skor: 79,6)

3. Australia (Skor: 76,2)

4. Israel (Skor: 74,9)

5. Taiwan (Skor: 74,7)

6. Korea Selatan (Skor: 72,7)

7. Jepang (Skor: 70,9)

8. Uni Emirat Arab (Skor: 69,7)

9. Finlandia (Skor: 68,9)

10. Hong Kong (Skor: 68,2).

3 dari 3 halaman

Terhantam Covid-19, Singapura Masuk Jurang Resesi Ekonomi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.