Sukses

Bernostalgia dengan Root Beer yang Tak Mengandung Alkohol Sama Sekali

Keunikan root beer terdapat pada buih putih di permukaan, mirip minuman bir.

Liputan6.com, Jakarta - Namanya saja root beer, tapi minuman manis yang satu ini justru tak mengandung alkohol sama sekali. Minuman ini sempat populer di era 90-an, bahkan beredar dalam bentuk permen.

Senior Brand Manager Sinarmas Consumer Product, Rendy, menjelaskan, root beer merupakan minuman berkarbonasi yang berasal dari Amerika Utara. Awalnya, minuman ini menggunakan pohon Sassafras albidum atau tanaman merambat Smilax ornata (sarsaparilla) sebagai pemberi rasa utama.

"Namun, dengan perkembangan zaman, root beer hanya dibuat dengan Smilax ornata (sarsaparilla) ditambah dengan beberapa bahan lain," kata Rendy, dalam rilis yang diterima Liputan6.com, Kamis, 29 April 2021.

Keunikan lain dari root beer adalah busa putih di permukaan yang membuat penampilannya mirip seperti bir asli. Di negara asalnya, minuman tersebut sering dihidangkan dalam keadaan dingin, baik langsung dari botol atau disediakan dalam gelas beku.

"Root beer juga jadi pilihan yang tepat untuk dinikmati dengan es krim rasa vanila sehingga jadi pilihan tepat untuk melepas dahaga atau sebagai hidangan pencuci mulut," imbuh Rendy.

Indonesia pun memiliki produk root beer lokal yang masih eksis hingga saat ini. Khusus untuk Ramadan, minuman ini tak disarankan untuk diminum saat sahur mengingat perut masih kosong.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tantangan Duet

Pada Ramadan kali ini, Rendy menyatakan, Groovy Root Beer berkolaborasi dengan Tantri Kotak untuk menggelar tantangan. Bertajuk "Groovy Ramadan Jam," challenge ini mengajak konsumen membuat konten duet bersama Tantri (Kotak), Wanda Omar, Dori Irawan, dan Patra.

"Untuk menyanyikan sebuah potongan lagu dari Tantri," kata dia.

Peminat bisa mengikuti tantangan di aplikasi TikTok. Hasil kreasinya dapat diunggah di akun Instagram masing-masing dengan syarat tertentu. Periode tantangan berlaku mulai 27 April sampai 11 Mei 2021 dengan kesempatan memenangkan hadiah total jutaan rupiah.

3 dari 3 halaman

Poin-Poin Penting Usulan RUU Larangan Minuman Beralkohol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.