Sukses

5 Cara Mengelola THR untuk Keperluan Lebaran dan Masa Depan

THR harus disikapi dengan bijak agar bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan Lebaran dan hal yang benar-benar berarti.

Liputan6.com, Jakarta - Umat Islam sebentar lagi akan merayakan Idul Fitri atau Lebaran. Tak dimungkiri biasanya akan banyak pengeluaran yang terjadi saat Lebaran, mulai dari belanja pakaian, makanan sampai mengirim hantaran untuk orang-orang terdekat. Jika Anda seorang karyawan, maka akan ada THR yang didapat.

Sayangnya kalau tak dikelola dengan baik, THR akan habis begitu saja. Padahal, jika dikelola dengan tepat, THR bisa menjadi "penolong" Anda di hari-hari selanjutnya. Apakah kita tidak boleh menghabiskan THR? Tentu saja boleh, tapi dengan satu syarat, yaitu digunakan mengikuti alokasi anggaran yang sudah direncanakan dengan baik.

"Bulan Ramadan adalah momen untuk kita kembali belajar mengontrol, termasuk bagaimana kita mengontrol pengeluaran. Datangnya THR tentunya harus disikapi dengan bijak agar dana ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal yang benar-benar berarti bagi kita," terang Metta Anggriani, selaku Certified Financial Planner, dalam keterangan tertulis pada Liputan6.com, Kamis (29/4/2021).

Berikut ada lima tips yang bisa menginspirasi perencanaan alokasi dana THR Anda agar lebih efektif.

1. Dahulukan bayar kewajiban yang harus dilunasi

Sebagai dana yang bersifat pemasukan tambahan, THR sebaiknya dialokasikan untuk membayar kewajiban yang dapat sedikit meringankan beban finansial, seperti membayar hutang atau membayar THR karyawan sesuai dengan perhitungannya.

2. Membayar zakat, sedekah dan infak

Bulan Ramadan sebaiknya dijadikan momen untuk kita sebanyak-banyaknya beramal dan berbagi kepada mereka yang membutuhkan bantuan. Pastikan kita sudah mengalokasikan untuk melakukan kewajiban membayar zakat bulan Ramadan. Selain itu, sisihkan juga dana THR sekitar sepuluh persen untuk memperbanyak amalan infak dan sedekah.

Zakat dapat dibayarkan dengan sangat mudah, bahkan bisa dilakukan dari rumah tanpa harus repot mencari badan terpercaya untuk menyalurkan zakat. Salah satunya membayar zakat di Lazada Amanah dalam aplikasi Lazada yang bekerja sama dengan Badan Zakat Nasional.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Berbagi hantaran untuk keluarga dan kerabat

Di Ramadan dan Lebaran tahun ini, kita kemungkinan masih tidak dapat bertatap muka langsung dengan keluarga dan kerabat, terutama dengan adanya larangan mudik. Manfaatkan momen ini untuk saling berkirim hadiah dan hantaran. Pilih-pilih isian hantaran yang disesuaikan dengan penerima agar berbagi hantaran busa semakin berarti.

Kalau bisa, gunakan fitur-fitur bebas ongkos kirim agar bisa lebih banyak mengirimkan hantaran untuk keluarga dan kerabat. Hal ini juga dilakukan aktris film dan sinetron, Zaskia Adya Mecca bersama keluarganya. Di Ramadan kali ini mereka punya kegiatan seru untuk menyiapkan berbagai hantaran yang berarti bagi keluarga dan teman-teman.

"Bersama anak-anak, kami menyiapkan banyak sekali hantaran, mulai dari keluarga di berbagai tempat, guru dan teman-teman sekolah anak-anak, para karyawan yang membantu bisnisku, rekan dan kerabat suami. Semuanya kami siapkan bersama-sama dari rumah, belanja seru di Lazada," ujar Zaskia Adya Mecca.

4. Membuat perencanaan dan prioritas kebutuhan belanja

Sebelum mulai berbelanja, Anda sebaiknya membuat daftar belanja kebutuhan yang diperlukan. Tujuannya, supaya Anda dapat melihat mana barang yang benar-benar diperlukan, mana yang belum menjadi prioritas. Pertimbangkan juga barang yang dibeli bisa terus digunakan setelah bulan Ramadan dan Idul Fitri agar lebih bermanfaat.

Usahakan rencana belanja disesuaikan dengan promo belanja online untuk memaksimalkan penggunaan dana. Selain itu, usahakan untuk berbelanja melalui satu platform agar lebih mudah memantau semua transaksi yang sudah dilakukan agar tidak kalap.

3 dari 4 halaman

5. Menabung dan berinvestasi

Usai menunaikan ibadah, membayarkan kewajiban dan hutang, puas berbelanja dan berbagi hantaran, ini saatnya untuk menghabiskan THR untuk ditabung. Situasi pandemi ini tentunya mengajarkan kita untuk lebih bijaksana dalam menabung dan menyisihkan dana darurat untuk berbagai keperluan tidak terduga di masa depan.

"Untuk memenuhi kebutuhan Ramadan dan Hari Raya dengan baik, kita harus mempersiapkan anggaran belanja terlebih dahulu dan mengalokasikan dana kita setelahnya. Usahakan belanja di satu tempat supaya lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran keuangan kita. Tak ada salahnya juga untuk memanfaatkan beragam promo yang ditawarkan, supaya kita bisa lebih hemat," tutur Metta.

Untuk mendukung Anda berbelanja berbagai kebutuhan di bulan penuh berkah ini, Lazada bagi-bagi THR hingga Rp200 ribu di THR Sale, yang berlangsung dari 26 April--2 Mei 2021. Anda juga bisa memanfaatkan cashback setiap hari dan promo gratis ongkir, agar belanja semakin hemat dan sisa THR bisa dihabiskan untuk ditabung dan berinvestasi.

4 dari 4 halaman

Infografis PNS dan pensiunan dapat THR

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.