Sukses

Gaya Rambut Gimbal Justin Bieber Kembali Jadi Kontroversi

Dengan berambut gimbal, Justin Bieber dituduh telah melakukan apropriasi atau perampasan budaya.

Liputan6.com, Jakarta - Justin Bieber termasuk salah satu selebritas yang suka berganti gaya rambut. Sejak masih remaja sampai saat ini, ia sudah beberapa kali mengubah gaya rambutnya. Yang terbaru, Justin Bieber baru saja mengubah potongan rambutnya menjadi gimbal.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Instagram pribadi Justin selama beberapa hari terakhir. Ia pertama kali membagikan potret dirinya dengan gaya rambut gimbal pada 25 April kemarin. Dia kemudian kembali membagikan foto dengan gaya rambut serupa pada 26 April dan menuai reaksi antusias dari sesama selebritas, termasuk Jaden Smith.

Selain berambut gimbal, penyanyi berusia 27 tahun itu juga tampak mengenakan kacamata hitam, kaus kotak-kotak berwarna merah muda dan hitam, celana pendek hitam serta kaus kaki putih dan kalung mutiara berwarna merah muda.

Namun, reaksi yang sangat berlawanan justru diberikan oleh kebanyakan warganet. Dilansir dari People, 28 April 2021, warganet menuding Justin telah melakukan cultural appropriation atau apropriasi budaya.

Apropriasi budaya adalah tindakan "meminjam", "menggunakan", atau bahkan "merampas" atribut budaya kelompok minoritas atau kelompok rentan yang mengalami diskriminasi dan dieksploitasi secara bebas.

Dalam kasus Justin Bieber, dia dianggap "menggunakan" secara bebas rambut gimbal yang identik dengan orang kulit hitam. Rambut gimbal juga identik dengan gerakan Rastafarian, di mana gerakan ini menganggap gimbal sebagai simbol pemberontakan orang Jamaika terhadap dominasi kolonial kulit putih di negara mereka.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Isu yang Sensitif

Dilansir dari The Guardian, orang Afrika-Amerika menganggap gimbal sebagai gaya rambut yang mewakili reklamasi identitas orang kulit hitam. Jadi, orang kulit putih yang memakai gaya rambut tersebut akan menjadi isu yang sangat sensitif.

"J, tolong edukasi dirinya tentang apropriasi budaya. Kamu tidak seharusnya memakai rambut gimbal," komentar seorang warganet.

"Bukankah kamu mengaku belajar soal budaya kulit hitam, terus hal bodoh apa ini?" komentar warganet lainnya.

Sementara itu, Justin pernah mengalami kontroversi serupa pada 2016. Saat itu, ia dikritik karena menata rambutnya dengan rambut gimbal di iHeartRadio Music Awards. Tak lama kemudian, suami dari Hailey Baldwin ini mencukur rambutnya ke bawah untuk menghilangkan rambut gimbalnya,

Meski menjadi kontroversi, Justin Bieber belum memberikan komentar dan tidak menghapus foto dirinya berambut gimbal di akun Instagramnya.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.