Upaya Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Mendukung Pertumbuhan Startup Digital

Oleh Henry pada 28 Apr 2021, 03:02 WIB
Diperbarui 28 Apr 2021, 03:02 WIB
sandiaga
Perbesar
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain adalah hal krusial, karena ekonomi digital di Indonesia masih bisa tumbuh di tengah pandemi COVID-19.

"Ekosistem ekonomi digital yang saling menguatkan satu sama lain menjadi hal yang sangat penting. Pemerintah terus mendukung perkembangan startup digital di tanah air, bukan hanya sebagai regulator, namun juga sebagai fasilitator dan akselerator," ucap Sandiaga Uno dalam konferensi pers virtual pembukaan Baparekraf for Startup (BEKUP) 2021, Selasa, 27 April 2021.

Sandiaga Uno menambahkan, BEKUP dirancang untuk mendukung dan mengembangkan ekosistem startup di Indonesia.  BEKUP sudah hadir sejak 2016 di lebih dari 20 kota di Indonesia dan menghasilkan lebih dari 750 pre-startup.

"Di tahun ini, kami membuka kesempatan bagi semua wirausahawan Indonesia serta bekerja sama dengan Coworking Indonesia yang sejak empat tahun berdiri sudah berpengalaman membimbing komunitas bisnis, kreatif, dan startup di Indonesia,” terangnya.

"Semoga di 2021 ini kita semua dapat berperan dalam penciptaan solusi inovatif dan modern untuk menghadapi setiap tantangan yang ada guna mendukung dan mendorong ekosistem startup digital Indonesia untuk merealisasikan optimisme ekonomi nasional 2021," harap Sandiaga Uno.

Data dari Google dan Temasek memproyeksikan ekonomi digital Indonesia menjadi yang terbesar di Asia Tenggara, dengan nilai pasar yang meningkat tiga kali lipat dari 40 miliar dolar AS pada 2019 menjadi 124 miliar dolar AS pada 2025. Peluang ini mendorong semakin banyak investor melakukan investasi di startup digital Indonesia.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) resmi membuka program Baparekraf for Startup (BEKUP) 2021 sebagai upaya membangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah pandemi, sekaligus untuk mendukung pertumbuhan startup digital di Indonesia untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

2 dari 4 halaman

Digelar di 5 Kota

Upaya Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Mendukung Pertumbuhan Startup Digital
Perbesar
Upaya Bangkitkan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan Mendukung Pertumbuhan Startup Digital. foto: dok. Artemis

Pada tahun ke-6 ini, BEKUP akan digelar di lima kota yaitj, Jakarta, Malang, Manado, Pekanbaru, dan Yogyakarta., Kemenparekraf/Baparekraf menggandeng Coworking Indonesia untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan melalui rangkaian program “BEKUP Academy & Mentor Training Program”.

BEKUP Academy adalah kegiatan inkubasi untuk pengembangan startup digital dari berbagai tahap. Program ini terbagi dalam tiga tingkatan yaitu Create, Accelerate, & Scale-Up. BEKUP Mentor Training Program ditujukan bagi Startup Enthusiast, Startup Founders, Practitioner, & Experts untuk mengembangkan skill agar dapat menjadi mentor-mentor andalan bagi pengembangan startup.

Semua kegiatan seleksi, bootcamp, dan mentoring nantinya akan dilakukan secara daring. Andi Saptari selaku Pengurus Inti Coworking ID dan Ketua Pelaksana BEKUP 2021 mengatakan, sinergi sangat diperlukan dalam membangun ekosistem startup terutama untuk melewati masa pandemi.

"Pemerintah bukan hanya sebagai regulator tapi juga sebagai elevator antara pelaku industri startup, venture capital, komunitas dan semua pihak untuk mengakselerasi perkembangan usaha startup digital di Indonesia. Dengan Program BEKUP 2021 ini kami optimis upaya kolaborasi di era disrupsi ini akan menambah pertumbuhan kewirausahaan dan ekonomi Indonesia," tutur Andi Saptari.

3 dari 4 halaman

Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19

Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Yuk Kenali 4 Risiko Mobilitas Saat Liburan untuk Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓