Sukses

Pangeran William dan Pangeran Harry Izinkan Gaun Pengantin Putri Diana Dipamerkan

Gaun pengantin itu dikenakan Putri Diana ketika menikahi Pangeran Charles pada 29 Juli 1981 silam.

Liputan6.com, Jakarta - Gaun pengantin ikonik Putri Diana akan dipajang di Istana Kensington pada musim panas ini. Kabar tersebut disampaikan oleh kurator Historic Royal Palaces pada Senin, 26 April 2021.

Dilansir dari laman People, Selasa (27/4/2021), Pangeran William dan Pangeran Harry telah mengizinkan gaun pengantin Putri Diana untuk dipamerkan. Gaun tersebut akan dapat disaksikan oleh para penggemar kerajaan sebagai pusat pameran baru di Istana Kensington.

Gaun populer ini dirancang oleh Elizabeth dan David Emanuel. Gaun sepanjang 25 kaki ini membentang di tangga Katedral St. Paul di belakang Lady Diana Spencer pada pernikahannya dengan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981.

Nantinya, gaun pengantin Diana ini akan menjadi bagian dari pameran sementara, Royal Style in the Making yang bertempat di Orangery mulai 3 Juni mendatang. Pameran ini akan mengeksplorasi hubungan unik antara perancang busana dan klien kerajaan, kata organisasi itu.

Pameran ini juga akan menghadirkan sentuhan bersejarah lainnya, yakni toile langka untuk gaun penobatan ibu Ratu Elizabeth, Ibu Suri pada 1937. Kurator pameran di Historic Royal Palaces Matthew Storey menyebut, pameran musim panas ini akan menyoroti beberapa bakat terbesar dari desain Inggris yang karyanya berperan penting dalam membentuk identitas visual keluarga kerajaan di abad ke-20.

"Kami akan mengeksplorasi bagaimana kemitraan antara setiap desainer dan klien bekerja, dan mengungkap proses di balik pembuatan sejumlah komisi couture terpenting dalam sejarah kerajaan," lanjutnya dalam sebuah pernyataan.

"Meskipun salah satu sorotannya tidak diragukan lagi adalah Diana, gaun pengantin rancangan Emanuel yang memukau, yang dipamerkan di istana untuk pertama kalinya dalam 25 tahun, kami punya beberapa kejutan nyata untuk para penggemar fesyen," kata Matthew.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Detail Gaun Pengantin Diana

Gaya gaun pengantin akan mengawali periode perayaan di istana untuk menghormati mendiang Putri Diana. Pada Juli 2021, William dan Harry akan mengungkap patung ibu mereka yang sangat ditunggu-tunggu di halaman istana. Diana akan berusia 60 tahun pada 1 Juli.

Sedangkan, gaun pengantin Diana menampilkan garis leher scoop dengan kerah yang dihiasi dan lengan puff yang tebal. Gaun yang disulam dengan appliques renda dan busur itu menjadi ikon karena begitu panjang, bertatahkan payet spektakuler, yang memenuhi lorong katedral pada hari pernikahannya.

Gaun ini tetap menjadi yang terpanjang dalam sejarah kerajaan dan memiliki korset yang pas dengan panel depan dan belakang dari renda antik Carrickmacross yang awalnya milik Ratu Mary, nenek buyut Charles.

3 dari 3 halaman

Infografis Putri Diana

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.