Sukses

Bahasa yang Paling Mudah dan Sulit bagi Penutur Asli Bahasa Inggris

Bahasa sangat penting dipelajari untuk menambah wawasan. Namun, ada sejumlah bahasa yang paling mudah dan tersulit untuk dipelajari.

Liputan6.com, Jakarta - Bahasa asing jadi salah satu sarana untuk memperluas wawasan seseorang. Dengan belajar bahasa, orang juga akan tertarik dengan budaya dan negaranya.

Jika orang suka karya Tolstoy dan Dostoyevsky, pelajari bahasa Rusia. Jika mereka akan tinggal di Bangkok, pelajari bahasa Thai. Jika pasangan Anda orang Meksiko, maka pelajari bahasa Spanyol.

Namun, untuk menguasai bahasa asing adalah sebuah komitmen jangka panjang. Bukan berbulan-bulan, melainkan bertahun-tahun.

Melansir dari laman CNN, Senin, 27 April 2021, US Foreign Service Institute (Institut Layanan Luar Negeri AS) mengklasifikasikan bahasa dalam tingkat kesulitan untuk penutur bahasa Inggris.  Bersama dengan bahasa Belanda dan Norwegia, bahasa Latin populer - Italia, Prancis, Spanyol, dan Portugis - membutuhkan sekitar 600 jam studi untuk mencapai kemahiran profesional umum dalam berbicara dan membaca.

Dari jumlah tersebut, bahasa Spanyol dan Italia adalah yang paling mudah dipelajari oleh penutur asli bahasa Inggris, diikuti oleh bahasa Portugis dan terakhir bahasa Prancis.  

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Jam

Berikut beberapa contoh jumlah jam yang dibutuhkan rata-rata pelajar untuk menguasai bahasa asing dari yang terendah hingga tertinggi.

Jerman (750 jam)

Untuk menguasai bahasa Jerman dibutuhkan waktu sekitar 750 jam pelajaran. Dengan kata benda yang maskulin, feminin, dan netral, kata kerja yang banyak berkonjugasi dan sintaksis yang sangat ketat, bahasa Jerman mungkin tampak tidak mudah. Di sisi lain, pengucapan dan ejaan sangat mudah dan setelah Anda mempelajari banyak aturannya.

Anda juga akan menyadari mengapa orang Jerman tidak pernah menyela Anda selama percakapan: mereka menunggu kata kerja di bagian akhir untuk mencari tahu apa yang Anda bicarakan.

Melayu dan Swahili (900 jam)

Tidak mengherankan jika dua bahasa non-Eropa yang paling sederhana dipelajari menggunakan alfabet Latin. Bahasa Melayu adalah bahasa pergaulan di beberapa negara Asia Tenggara dan telah disederhanakan karena penggunaannya sebagai bahasa kedua oleh bukan penutur asli.

Misalnya, bentuk jamak bahasa Melayu dibentuk dengan mengulang kata dua kali - buku berarti buku dan buku-buku berarti buku. Demikian pula, bahasa Swahili berkembang sebagai bahasa perdagangan di Afrika Timur dan digambarkan memiliki kosakata Arab di atas tata bahasa Afrika. 

Hongaria (1.100 jam)

Jika Anda menyukai tantangan, cobalah bahasa Hongaria. Tidak seperti bahasa Eropa lain yang pernah Anda dengar, kecuali mungkin Basque. Kata benda ditolak, tetapi kata kerja dikonjugasikan"; kecuali dalam bahasa Hungaria Anda menolak dan mengkonjugasikan kata benda, terkadang bersama-sama. Anda menunjukkan kepemilikan (kebun saya, taman Anda, kebunnya, dan sebagainya) dengan meletakkan akhiran kata kerja pada kata benda taman.

3 dari 4 halaman

Yunani (1.100 jam)

Bahasa Yunani modern mungkin adalah bahasa yang paling mudah dipelajari yang menggunakan alfabet berbeda. Bahasa Yunani juga merupakan bahasa yang menyumbangkan banyak kata ke dalam bahasa Inggris.

Rusia (1.100 jam)

Keuntungan besar belajar bahasa Rusia adalah, setelah Anda mahir, Anda dapat memahami bahasa Slavia lainnya seperti Ceko, Polandia, atau Bulgaria. Ini juga diucapkan dan dipahami di semua bekas wilayah Uni Soviet dari Armenia hingga Kyrgyzstan. Tersembunyi di balik selubung misteri Cyrillic, itu salah satu bahasa yang sulit untuk dikuasai, sedemikian rupa sehingga bahkan banyak orang Rusia yang salah mengucapkannya.

Arab (2.200 jam)

Cara membaca bahasa Arab dari kanan ke kiri. Arah membaca dan skrip kursif, yang mungkin termasuk atau tidak termasuk vokal, adalah dua rintangan utama bagi pelajar bahasa Arab. Bahasa Arab klasik dan bahasa Arab modern yang digunakan untuk percakapan sehari-hari.

Kanton/Mandarin (masing-masing 2.200 jam)

Setiap dialek Tionghoa secara efektif merupakan bahasa lain, tetapi Mandarin (Putonghua dalam bahasa Tionghoa, yang berarti bahasa umum) dianggap sebagai bahasa resmi di Tiongkok modern.

Ada dua tipe utama aksara Cina tertulis di bawah sistem penulisan yang sama: aksara Cina tradisional yang digunakan di Hong Kong dan Taiwan dan aksara China yang disederhanakan di China daratan (distandarisasi dan disederhanakan pada tahun 1950-an untuk meningkatkan melek huruf di negara tersebut. 

4 dari 4 halaman

Pemutakhiran Ejaan Serapan 6 Nama Bahasa Arab

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.