Sukses

5 Cara Alternatif Menyimpan Makanan yang Ramah Lingkungan

Selain memilah sampah plastik, mengurangi kemasan plastik dalam menyimpan makanan juga tidak kalah penting.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak semata menggiatkan pilah sampah plastik untuk didaur ulang, gerakan ini seharusnya dibarengi dengan mengurangi penggunaan kemasan plastik. Perihal ini, Anda bisa selalu memulai dari kebiasaan sehari-hari.

Dari sekian banyak, memanfaatkan kemasan plastik untuk menyimpan makanan bisa jadi salah satu yang mulai diubah. Pasalnya, ada berbagai alternatif untuk menggantikan perannya dengan dampak lingkungan lebih minimal.

Berikut beberapa opsinya seperti dikutip dari laman AsiaOne Minggu, 25 April 2021.

1. Beeswax Foodwrap

Tidak seperti cling wrap, medium ini dapat digunakan berulang kali. Beeswax foodwrap biasanya digunakan untuk melindungi makanan, seperti buah dan sayur, dari kelembapan sehingga bisa segar lebih lama.

Bungkus makanan tersebut biasanya merupakan campuran kapas organik, lilin lebah, getah pohon, dan minyak kelapa. Tidak seperti plastik, bungkusan ini dapat digunakan kembali dan dicuci. 

2. Stoples kaca

Medium ini cenderung kedap udara dan tidak merusak makanan. Namun, beberapa di antaranya memiliki bukaan yang relatif kecil sehingga sulit untuk mengambil makanan.

Beli bentuk wadah dengan pentup basar yang dapat memudahkan Anda memakainya. Selain ramah lingkungan, stoples kaca umumnya bisa masuk microwave, oven, atau freezer, membuatnya proses masak jadi lebih mudah.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Ziplock Bag

Pada dasarnya ziplock bag adalah tas berbahan silikon yang dapat digunakan kembali. Selain untuk menyimpan sisa makanan, tas tersebut juga dapat digunakan untuk mengasinkan dan memasak makanan. Mereka juga kedap udara, tersedia berbagai ukuran, dan sangat ramah ruang karena fleksibelitasnya.

4. Sarung kain katun

Medium ini dapat dicuci dan jadi alternatif yang baik untuk membungkus bagian tas wadah makanan agar tidak terlalu banyak udara masuk.

5. Tutup silikon

Karena materialnya, tutup silikon ini menawarkan kelenturan yang fleksibel. Selain itu, mereka juga dikenal anti-bocor.

Untuk segel yang lebih baik, pastikan menjaga tutup dan wadah sekering mungkin. Pasal, tutupnya tidak akan bekerja telalu baik apabila terjadi kondensasi. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Infografis Jurus Kelola Sampah ala Risma

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.