Keistimewaan-Keistimewaan Alquran yang Wajib Diketahui

Oleh Komarudin pada 26 Apr 2021, 17:03 WIB
Diperbarui 26 Apr 2021, 17:13 WIB
Ilustrasi membaca Alquran
Perbesar
Ilustrasi membaca Alquran (dok.unsplash/ Positive Moslem Attitude)

Liputan6.com, Jakarta - Tadarus Alquran termasuk salah satu amalan yang lebih giat dilakukan selama Ramadan. Sebagai pedoman bagi umat Muslim, Alquran hadir bersama sederet keistimewaan.

Alquran merupakan kitab suci yang tidak pernah kering dalam memecahkan segala problem kehidupan. Menurut M. Nasir Arsyad dalam buku Seri Buku Pintar Islam, setidaknya ada 15 keistimewaan Alquran. Berikut beberapa di antaranya;

Pertama, mencakup dan sekaligus menyempurnakan isi kitab-kitab suci terdahulu yang masih asli.

Kedua, menyediakan petunjuk yang lengkap dan senantiasa siap dilibatkan dalam dialog. Hukum-hukumnya sesuai kepentingan dan keperluan bangsa, serta kaum di segala zaman dan tempat.

Ketiga, mempersamakan sekalian manusia dengan meniadakan kelas-kelas dalam masyarakat. Yang diberi keistimewaan hanya yang paling bertakwa saja, bagaimana pun statusnya,

Keempat, selalu tepat dalam segala yang dijanjikan dan diancamkan kepada manusia, baik yang mutlak maupun yang terbatas.

Kelima, Alquran mempunyai uslub (struktur kalimat atau gaya bahasa) dan sifat balaghah (keindahan bahasa) yang aneh, namun mengagumkan dan mampu menerobos ke rongga-rongga jiwa.

Keenam

Alquran
Perbesar
Ilustrasi mengaji (Liputan6.com/ Lady Nuzulul Barkah Farisco)

Memuliakan akal dan menjadikan sendi atau dasar untuk memahami hukum, mengendalikan urusan, dan mengembangkan ilmu.

Ketujuh, memberi keleluasaan dan hak untuk memilih; menuntut balas dengan adil terhadap orang yang berbuat tercela, atau memaafkannya dengan atau tanpa kompromi.

Kedelapanselalu menutup ayat-ayatnya dengan menyebut sifat-sifat Allah, seperti ‘alim, hakim, qadir, rahim, ghafur, dan sebagainya guna menghujamkan sifat-sifat Allah ke dalam lubuk jiwa pendengarnya.

Jadwal Imsakiah Ramadan 1441 Hijriah Wilayah DKI Jakarta

Infografis Jadwal Imsakiah Ramadan 1441 Hijriah Wilayah DKI Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jadwal Imsakiah Ramadan 1441 Hijriah Wilayah DKI Jakarta. (Liputan6.com/Abdillah)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓