Youn Yuh Jung Jadi Aktris Korea Peraih Piala Oscar Pertama, Intip Tampilannya yang Anti-Mainstream

Oleh Asnida Riani pada 26 Apr 2021, 13:01 WIB
Diperbarui 26 Apr 2021, 20:59 WIB
Youn Yuh Jung
Perbesar
Youn Yuh Jung membawa pulang Piala Oscar 2021 setelah memenangkan kategori Best Actress in a Supporting Role melalui film Minari, 25 April 2021 waktu Los Angeles, Amerika Serikat. (POOL / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Saat Youn Yuh Jung dinobatkan sebagai Aktris Pendukung Terbaik di ajang penghargaan bergengsi Academy Awards ke-93, Minggu malam, 25 April 2021, waktu Los Angeles, Amerika Serikat, melalui perannya di film Minari. Sejarah baru ikut tercatat. Perempuan 73 tahun itu memastikan dirinya jadi aktis Korea pertama yang berhasil meraih Piala Oscar.

Beriringan dengan itu, Yuh Jung, yang pidato kemenangannya membuat Brad Pitt menangis, hadir dengan tidak mengikuti arus mainstream di karpet merah Oscar 2021. Sementara "kemewahan karpet merah dibawa kembali dalam busana warna putih, merah, dan emas," aktris senior ini malah tampil simpel nan effortless.

Melansir Harper's Bazaar, Senin (26/4/2021), perempuan yang sudah berkarier selama setengah abad di industri film dan televisi itu memilih gaun berwarna deep blue bermotif dari Marmar Halim. Kampiun dalam kategori Aktris Pendukung Terbaik, menurut laporan Vulture, Youn Yuh Jung sukses mengungguli Maria Bakalova, Glenn Close, Olivia Colman, dan Amanda Seyfried.

Sebagai pelengkap, Yuh Jung memakai rangkaian perhiasan berupa sepasang anting, gelang, dan cincin dari Chopard Haute Joaillerie, clutch keluaran Roger Vivier, dan sepatu Bottega Veneta. Pemilihan busananya kian selaras dengan pengaplikasian natural makeup dengan hanya mempertegas bagian alis dan memulas lipstik nude pink untuk memberi kesan segar dalam keseluruhan tampilan.

Pun dengan penataan rambut. Menambah kesan effortless khas tampilan para aktris Korea Selatan, Youn Yuh Jung memilih menata rambutnya dengan kesan messy.

Sempat Goda Brad Pitt

Youn Yuh-jung
Perbesar
Youn Yuh-jung membawa pulang Piala Oscar 2021 setelah memenangkan kategori Best Actress in a Supporting Role melalui film Minari, 25 April 2021 waktu Los Angeles, Amerika Serikat. (POOL / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Sebelum memulai pidato kemenangan, Yuh Jung sempat menggoda Brad Pitt yang bertugas sebagai orang yang mengumumkan pemenang di kategori tersebut. "Tuan Brad Pitt, akhirnya kita bertemu. Senang bertemu dengan Anda," ucap Yuh Jung disambut tawa para tamu undangan.

"Seperti yang kalian tahu, saya berasal dari Korea. Banyak orang Eropa dan Amerika yang salah menyebutkan nama saya. Namun, malam ini kalian semua saya maafkan," kelakarnya.

Yuh Jung mengatakan, pengalaman pertamanya mendapat Piala Oscar sangat menyenangkan, sekaligus sangat aneh.  Kemenangan Yuh Jung sebenarnya telah diprediksi banyak pihak, mengingat sebelumnya sang aktris telah berhasil membawa pulang piala Golden Globes dan SAG Awards untuk kategori yang sama.

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik

Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik
Perbesar
Infografis Protokol Kesehatan Vaksin Terbaik (Liputan6.com/Triyasni)

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓