Sukses

Potret Piring Lauk Masakan Padang Ditumpuk Bertingkat Bak UNO Stacko

Bukan dua atau tiga tumpuk, susunan piring lauk masakan padang ini bahkan hampir setinggi orang dewasa.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap wilayah di Indonesia punya cara tersendiri dalam menyajikan kuliner khasnya, tidak terkecuali Sumatra Barat. Berbicara tentang Tanah Minang, tentu tidak bisa dipisahkan dengan ragam lauk kaya rempah.

Pengunjung warung masakan padang sendiri telah lumrah melihat staf menyajikan ragam lauk dengan cara ditumpuk, setidaknya sampai dua tumpuk. Tapi, bagaimana kalau tingginya sampai menyaingi tinggi orang dewasa?

Ya, lewat salah satu potret yang dibagikan travel blogger, Ariev Rahman, di akun Twitter-nya, beberapa waktu lalu, pemandangan itu jadi buah bibir warganet. "Playing UNO Stacko in Padang," tulis co-founder Whatravel Indonesia itu.

Di foto yang dimaksud, di antara orang yang duduk di atas alas, ada tumpukan piring berisi lauk masakan padang yang tidak akan bisa terlewat pandangan. Piring-piring itu ditumpuk sampai 10 tingkat, digenapi dengan satu lauk berada di bagian puncak.

Sementara, di belakangnya ada beberapa tumpukan lauk masakan padang dengan tinggi "tidak sebegitu spektakuler." Lewat balasan kicauan, pengguna Twitter pun memberi ragam tanggapan.

Beberapa ada yang mengungkap kekaguman atas tumpukan piring lauk tersebut, sementara ada juga yang mengulik lebih jauh. Salah satunya mengungkap bahwa tumpukan piring masakan padang itu tidak dilakukan secara manual, melainkan sudah ada besi penyangga. "Jadi, piringnya tinggal ditaro taro aja. Coba perhatiin bawah piringnya," tulisnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tuai Ragam Komentar

Beberapa warganet kemudian sepakat dengan pendapatnya soal ada besi penyangga piring lauk masakan padang tersebut. "Kalo itu emang pake besi kak, tapi ada juga yg disusunnya nggak pake besi penyangga gitu, tapi emang piringnya yg disusun ke atas. BTW, itu namanya Jamba," balas salah satunya.

Sementara, ada juga yang menjawab bahwa " makan bajamba tidak ada yang setinggi itu." Beberapa mengaku bahwa foto serupa juga tengah beredar di grup chat keluarga, menambahkan bahwa kejadian itu diduga berlokasi di Pariaman, Sumatra Barat.

"Boleh juga nih jadi ide bukber," timpal yang lain. "Ini mah lebih banyak deg-degan nggak sih pas makan. Ngeri lagi nyuap kejatohan piring," sambung seorang pengguna Twitter.

Sampai Minggu malam, 25 April 2021, kicauan itu telah di-retweet sebanyak sembilan ribuan, dan mendapat 23,5 ribu likes.

3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.