Potret Piring Lauk Masakan Padang Ditumpuk Bertingkat Bak UNO Stacko

Oleh Asnida Riani pada 26 Apr 2021, 03:30 WIB
Diperbarui 26 Apr 2021, 03:30 WIB
[Bintang] Nasi Padang
Perbesar
Nasi padang, kuliner Indonesia asal Sumatera Barat. (Sumber Foto: godzillatummy/Instagram)

Liputan6.com, Jakarta - Setiap wilayah di Indonesia punya cara tersendiri dalam menyajikan kuliner khasnya, tidak terkecuali Sumatra Barat. Berbicara tentang Tanah Minang, tentu tidak bisa dipisahkan dengan ragam lauk kaya rempah.

Pengunjung warung masakan padang sendiri telah lumrah melihat staf menyajikan ragam lauk dengan cara ditumpuk, setidaknya sampai dua tumpuk. Tapi, bagaimana kalau tingginya sampai menyaingi tinggi orang dewasa?

Ya, lewat salah satu potret yang dibagikan travel blogger, Ariev Rahman, di akun Twitter-nya, beberapa waktu lalu, pemandangan itu jadi buah bibir warganet. "Playing UNO Stacko in Padang," tulis co-founder Whatravel Indonesia itu.

Di foto yang dimaksud, di antara orang yang duduk di atas alas, ada tumpukan piring berisi lauk masakan padang yang tidak akan bisa terlewat pandangan. Piring-piring itu ditumpuk sampai 10 tingkat, digenapi dengan satu lauk berada di bagian puncak.

Sementara, di belakangnya ada beberapa tumpukan lauk masakan padang dengan tinggi "tidak sebegitu spektakuler." Lewat balasan kicauan, pengguna Twitter pun memberi ragam tanggapan.

Beberapa ada yang mengungkap kekaguman atas tumpukan piring lauk tersebut, sementara ada juga yang mengulik lebih jauh. Salah satunya mengungkap bahwa tumpukan piring masakan padang itu tidak dilakukan secara manual, melainkan sudah ada besi penyangga. "Jadi, piringnya tinggal ditaro taro aja. Coba perhatiin bawah piringnya," tulisnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tuai Ragam Komentar

Masakan Padang
Perbesar
Potret tumpukan piring lauk masakan padang yang menghebohkan. (dok. Twitter @arievrahman)

Beberapa warganet kemudian sepakat dengan pendapatnya soal ada besi penyangga piring lauk masakan padang tersebut. "Kalo itu emang pake besi kak, tapi ada juga yg disusunnya nggak pake besi penyangga gitu, tapi emang piringnya yg disusun ke atas. BTW, itu namanya Jamba," balas salah satunya.

Sementara, ada juga yang menjawab bahwa " makan bajamba tidak ada yang setinggi itu." Beberapa mengaku bahwa foto serupa juga tengah beredar di grup chat keluarga, menambahkan bahwa kejadian itu diduga berlokasi di Pariaman, Sumatra Barat.

"Boleh juga nih jadi ide bukber," timpal yang lain. "Ini mah lebih banyak deg-degan nggak sih pas makan. Ngeri lagi nyuap kejatohan piring," sambung seorang pengguna Twitter.

Sampai Minggu malam, 25 April 2021, kicauan itu telah di-retweet sebanyak sembilan ribuan, dan mendapat 23,5 ribu likes.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓