5 Penyebab Berat Badan Malah Naik Saat Puasa

Oleh Asnida Riani pada 26 Apr 2021, 05:02 WIB
Diperbarui 26 Apr 2021, 05:02 WIB
Bacaan Niat Puasa Rajab Beserta Hukum dan Keutamaannya
Perbesar
Ilustrasi Berpuasa Credit: pexels.com/Hint

Liputan6.com, Jakarta - Sekalian menjalani puasa Ramadan, sebagian orang juga memanfaatkan momen ini untuk menurunkan berat badan. Pengurangan porsi makan dan jam konsumsi yang cukup teratur dianggap sebagai siasat untuk memperbaiki pola diet.

Tapi, nyatanya, ada juga orang yang berat badannya malah semakin naik saat puasa. Tentu ada perubahan yang justru memberi efek itu ke tubuh, dan bagi para pelaku diet, poin-poin ini mesti diperhatikan.

Berikut beberapa alasannya, seperti dilansir dari laman Mind Body Green, Minggu, 25 April 2021.

1. Tidak menulis jurnal

Ketika ingin menurunkan berat badan saat puasa, penting untuk menuliskan jurnal memuat asupan makan Anda. Selain itu, memberi jam makan teratur juga masih berperan krusial. Jangan lupa untuk melacak asupan makan Anda bersama aktivitas fisik. 

2. Tidak mengendalikan konsumsi kalori

Pada umumnya, puasa membantu Anda mengatur asupan makanan tanpa menghitung kalori. Studi mencatat, setelah puasa 36 jam, walau makan sedikit, orang cenderung mengonsumsi lebih banyak kalori pada waktu makan berikutnya daripada yang tidak berpuasa.

3. Terlalu mengandalkan kopi

Setelah puasa seharian, ada juga yang meminum secangkir kopi pada malam hari. Walau kafein dapat meningkatkan energi, konsumsinya tidak disarankan ketika sedang diet.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa terlalu banyak menonsumsi kafein dapat meningkatkan kadar glukosa darah. Juga, membuat Anda kurang sensitif terhadap insulin dan mungkin menyimpan lemak di dalam tubuh.

 

2 dari 4 halaman

4. Mengonsumsi Makanan yang Salah

Ilustrasi puasa, buka puasa, sahur
Perbesar
Ilustrasi buka puasa. (Photo by Dan DeAlmeida on Unsplash)

Selain menjaga hidrasi tubuh, mengonsumsi makanan dengan pola yang benar juga bisa mengurangi berat badan. Selama jam makan, pastikan Anda memakan banyak asupan serat, protein, dan lemak baik dari sumber sayuran, buah-buahan, serta daging ikan berkualitas.

5. Konsultasi dokter

Menjalankan diet secara sembarangan selama puasa Ramadan bisa saja membuat tubuh Anda justru tidak berada dalam kondisi terbaik. Bila efeknya sudah tidak bisa ditoleransi, cobalah konsultasi dengan dokter dan bicarakan kendala Anda. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar

Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar
Perbesar
Infografis 5 Alasan Diet Tidak Berjalan Lancar. (Liputan6.com/Lois Wilhelmina)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓