Dongkrak Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lewat Transformasi Penjualan Produk Online

Oleh Putu Elmira pada 22 Apr 2021, 19:02 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 19:02 WIB
Ilustrasi belanja online
Perbesar
Ilustrasi belanja online (Foto: unsplash.com/ raw pixel)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 memberi hantaman luar biasa pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf). Dalam upaya pemulihannya, kolaborasi mendongkrak pariwisata Indonesia terus digiatkan, baik oleh pemerintah maupun para pelaku usaha.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyampaikan, guna membangkitkan bidang parekraf, pihaknya berupaya mengimplementasikan tiga strategi utama, yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi.

"Strategi inovasi dan adaptasi telah kita terapkan dengan mentransformasikan penjualan produk dari konvensional atau offline jadi online," kata Sandi dalam diskusi daring Blibli Travel dan UMKM Fest, Kamis (22/4/2021).

Sandi melanjutkan, pihaknya juga harus berkolaborasi dengan berbagai stakeholders. Hal ini dilakukan guna membangun sistem yang terintegrasi, mulai dari promosi, pemasaran, hingga penjualan dan pembayaran yang lebih baik.

"Saya menyambut baik dilaksanakannya acara Blibli Travel dan UMKM Fest 2021 karena memudahkan para traveler memilih dan membeli produk, serta paket wisata yang diinginkan, tentunya yang telah menerapkan protokol kesehatan CHSE secara ketat," tambahnya. Dikatakan Sandi, acara ini turut memfasilitasi konsumen mendapatkan produk UMKM secara online, baik melalui marketplace atau e-commerce.

EVP Digital Product & Automotive Category Blibli, Lay Ridwan, menyebut, pihaknya menggandeng UMKM di daerah wisata agar dapat berpartisipasi. Maka itu, gelaran tahun ini mengusung tajuk Blibli Travel dan UMKM Fest.

"Kami bangga bisa berkolaborasi dengan berbagai asosiasi di industri pariwisata yang tentunya bisa membantu kami mengurasi, mengakuisisi, juga mengedukasi seller dan produk wisata yang bisa berpartisipasi kali ini," kata Lay.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Utamakan Protokol Kesehatan

Blibli Travel dan UMKM Fest
Perbesar
Blibli Travel dan UMKM Fest. (Tangkapan Layar Zoom)

Pilihan produk wisata di Blibli diklaim telah terkurasi. Pihaknya memastikan jasa atau produk yang ditawarkan sesuai berbagai komitmen, termasuk menerapkan protokol kesehatan dan kebersihan agar pelanggan.

"Ini juga dapat jadi cara bagi para pemain di sektor pariwisata untuk meningkatkan daya saing, yaitu menghadirkan produk wisata yang memastikan security dan safety pada pelanggan dengan mengimplementasikan protokol kesehatan dan kebersihan," lanjutnya.

Blibli Travel dan UMKM Fest tahun ini tidak hanya menyuguhkan produk wisata, seperti pemesanan tiket dan hotel. "Tapi juga ada paket wisata yang penyedianya adalah UMKM lokal daerah itu," ungkap Lay.

"Blibli Travel dan UMKM Fest berlangsung 16--30 April. Kami merupakan one stop shopping entertainment, di mana akan ada promo menarik, diskon, serta mendapat kemeriahan acara," tambahnya.

 
Scroll down untuk melanjutkan membaca

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi. (Liputan6.com/Trieyasni)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya