Sukses

Turis Asing di Bali Lukis Masker di Wajah demi Konten, Warganet Meradang

Turs asing yang sedang berada di Bali ini merias atau melukis wajah teman wanitanya dengan gambar mirip masker.

Liputan6.com, Jakarta - Turis asing kembali berulah di Bali. Baru-baru ini beredar sebuah video yang memperlihatkan sepasang turis asing, pria dan wanita yang melukis masker di wajah viral di media sosial. Parahnya, kedua [wisatawan mancanegara](4519422/ "") (wisman) tersebut mengelabui petugas satpam dengan berpura-pura memakai masker hanya demi konten di media sosial.

Video tersebut pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook Josh Paler Lin. Unggahan akun tersebut kemudian dibagikan ulang oleh desainer asal Bali, Niluh Putu Ary Pertami Djelantik di akun Instagram-nya, @niluhdjelantik.

Dalam video tersebut, kedua wisman ingin mengunjungi sebuah pasar swalayan. Namun, mereka tak diizinkan masuk oleh satpam yang bertugas, karena sang wanita tak memakai masker. Bukannya mencari masker, mereka justru masuk ke dalam mobil. Sang pria malah merias atau melukis wajah teman wanitanya dengan gambar mirip masker.

Hasilnya, mereka berhasil mengelabui satpam yang sedang berjaga di pintu masuk. Tindakan tersebut membuat geram Niluh Djelantik yang juga dikenal sebagai politisi.

"Masyarakat mati-matian berjuang keluar dari badai pandemi. Dihajar kanan kiri depan belakang. Tak hanya nyawa. Ekonomi juga mati suri. Kedua manusia ini tidak punya empati. Malah menjadikan COVID-19 lelucon," tulis Niluh Djelantik dalam unggahan pada 20 April 2021.

Ia juga meminta agar pihak Ditjen Imigrasi dan Kantor Imigrasi Ngurah Rai menindak tegas kelakuan dua wisman tersebut.

"Saya meminta dengan hormat pihak @ditjen_imigrasi @imngurahrai menindak tegas kedua orang Ini. Jangan biarkan mereka menginjak-injak harga diri Bali. Terimakasih. Kami menunggu update selanjutnya saat mereka sudah dijemput," tulisnya lagi.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Video Prank

Belakangan diketahui video itu merupakan sebuah prank yang dibuat oleh kedua turis asing tersebut. Namun, video tersebut sudah telanjur viral dan menuai beragam komentar warganet di media sosial. Banyak yang marah dan kesal dengan kelakuan dua wisman itu.

"Kok ga laki nya turun beli masker dulu sementara cewek nya tunggu di mobil dulu. Sengaja bikin sensasi demi konten," komentar akun @cingtjuwa.

"Ditunggu video "MINTA MAAF" (Yg basi dan udh bs ketebak bgt endingnya kyk gmna tipe org gini).. 😢," komentar akun Wpipiets. Banyak yang menyebutkan kalau kedua wisman itu berasal dari Amerika Serikat, tapi belum ada pernyataan resmi mereka berasal dari negara mana.

Kejadian turis berulah di Bali sudah beberapa kali terjadi. Pada Desember 2020, dua turis Rusia membuang motor ke laut Bali demi sebuah konten. Mereka membuat konten yang dinilai mencemari pantai di Nusa Penida.

Di bulan yang sama, beredar video tentang sejumlah turis terlihat terjaring razia karena tak hanya tidak memakai masker, tapi juga tidak mengenakan helm di Canggu, Bali. Sebagian besar mereka yang naik motor terdiri dari seorang pria dan wanita. Para pria hanya memakai celana pendek, sementara para wanita hanya mengenakan celana pendek dan bra. Para turis asing tersebut berasal dari Eropa dan Amerika.

3 dari 3 halaman

Jangan Anggap Remeh Cara Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.