Sukses

Keistimewaan Gua Londrong di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung

Leang Londrong, salah satu gua dari sekitar 440 gua yang berada di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

Liputan6.com, Jakarta - Wisata gua jadi salah satu pilihan berwisata. Banyak taman nasional di tanah air yang memiliki gua-gua yang indah, salah satunya berlokasi di Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung.

"Gua adalah liang atau lubang besar pada kaki gunung dan sebagainya. Aktivitas menikmati keindahan gua sering disebut susur gua," tulis akun Instagran @kementerianlhk, 19 April 2021.

Taman nasional ini terkenal dengan menara karstnya, The Spectacular Tower Karst. Pada ekosistem karst itulah gua-gua alami berada.

"Sedikitnya telah teridentifikasi sebanyak 440 gua di sana. Ada gua horizontal, ada gua vertikal, gua prasejarah, hingga gua dengan aliran sungai bawah tanahnya. Salah satu gua yang cukup menarik adalah Leang Londrong," lanjut akun tersebut.

Leang Londrong adalah salah satu destinasi wisata unggulan taman nasional yang berada di Sulawesi Selatan ini. Gua ini memiliki daya tarik berupa sungai yang mengalir sepanjang lorong gua. Selain itu, debit airnya cukup deras dan mengalir sepanjang tahun.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sumber Air Bersih

Leang berarti gua dalam bahasa Bugis-Makassar, sedangkan Londrongi berarti panjang. Jadi, Leang Londrong berarti gua yang panjang. Nama ini bukan tanpa alasan karena panjang lorong gua sekitar 5.400 meter.

"Air yang mengalir dari dalam gua menjadi sumber air bersih bagi masyarakat Kelurahan Panaikang, Minasatene, Pangkep," imbuhnya.

Selain itu, ornamen dalam gua juga tak kalah menariknya. Terdapat beberapa spot yang kece untuk berpose, misalnya menjadikan ornamen gua sebagai latar berfoto.

"Kita juga bisa berkano pada aliran sungai bawah tanah Leang Londrong. Menjelajahi leang ini dengan cara berbeda. Mengayuh kano sembari menikmati untaian ornamen gua berupa stalaktit, stalagmit, pilar, hingga flowstone," imbuhnya.

3 dari 3 halaman

5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.