6 Manfaat Konsumsi Kurma yang Perlu Diketahui

Oleh Komarudin pada 21 Apr 2021, 04:30 WIB
Diperbarui 21 Apr 2021, 04:30 WIB
Ilustrasi kurma
Perbesar
Ilustrasi kurma (dok.unsplash/ Mona Mok)

Liputan6.com, Jakarta - Kurma jadi salah satu buah favorit yang dikonsumsi banyak orang saat bulan Ramadan. Tak hanya manis, kurma diyakini memiliki kekuatan untuk penyembuhan.

Melansir dari laman Food.NDTV, Selasa, 20 April 2021, menurut sejarah, kurma diketahui berasal dari tempat yang sekarang disebut Irak. Namun, orang Mesir diketahui telah membuat anggur dengan kurma jauh lebih awal.

Berkat perdagangan, kurma dibawa ke Asia barat daya, Spanyol, Afrika utara, dan kemudian juga dibawa ke Meksiko dan California. Saat ini kurma menjadi salah satu buah terpenting dalam masakan Timur Tengah.

Meskipun setidaknya ada 30 jenis kurma yang ditemukan di seluruh dunia, kurma termasuk dalam tiga jenis besar - lunak, semi-kering, dan kering, dan diferensiasi dibuat berdasarkan kandungan glukosa, sukrosa, dan fruktosa.

Salah satu kurma yang paling didambakan kebetulan ditemukan di Jalur Gaza, karena produknya dikenal sangat merah dan manis. Beberapa varietas populer kurma lainnya adalah Zaghloul, ditemukan secara eksklusif di Mesir. Kulitnya merah tua, strukturnya tebal, dan teksturnya renyah.

Sukkary dari Arab Saudi adalah salah satu jenis kurma termahal. Ia memiliki kulit coklat tua, daging yang lembut, dan manis yang unik. Dan kemudian ada Khadrawy, dagingnya lembut dan gelap yang juga cukup populer di kalangan orang Arab.

2 dari 4 halaman

Enam Manfaat Kurma

Ilustrasi kurma
Perbesar
Ilustrasi kurma (dok.unsplash/ Jocelyn Morales)

1. Menurunkan Kolesterol

Tahukah Anda bahwa kurma bebas dari kolesterol, dan mengandung sedikit lemak? Memasukkannya dalam jumlah yang lebih kecil dalam makanan harian Anda dapat membantu menurunkan berat badan.

2. Membantu Tetap Bugar

Kurma adalah sumber protein yang kuat yang membantu kita tetap bugar, dan bahkan menjaga otot kita tetap kuat. Banyak pengunjung gym reguler diminta untuk makan beberapa buah kurma setiap hari sebagai bagian dari rutinitas harian mereka.

3. Kaya Vitamin

Kurma mengandung vitamin seperti B1, B2, B3 dan B5, serta A1 dan C.  Anda tidak perlu mengonsumsi suplemen vitamin jika mengonsumsi setiap hari. Kurma tidak hanya akan membuat Anda tetap sehat, tapi juga meningkatkan energi karena kurma mengandung gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan juga fruktosa.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kurma juga dapat membantu kesehatan tulang. Kurma kaya akan selenium, mangan, tembaga, dan magnesium, dan semua itu diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, dan mencegah kondisi osteoporosis.

5. Memperkuat Sistem Saraf

Kurma sarat dengan kalium, namun mengandung sedikit natrium, dan itu sangat membantu menjaga sistem saraf  tetap teratur. Kalium membantu mengurangi kolesterol, dan menjaga risiko stroke.

6. Kaya Zat Besi

Selain fluor yang menjaga kesehatan gigi, kurma juga mengandung zat besi, yang sangat dianjurkan bagi mereka yang menderita kekurangan zat besi. Anemia defisiensi besi yang parah dapat menyebabkan kelelahan, sesak napas, atau nyeri dada. Kurma juga bagus untuk pemurnian darah.

3 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓