Penyebab Lantai Kamar Mandi kuning dan Cara Mengatasinya

Oleh Reza pada 20 Apr 2021, 17:28 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 17:28 WIB
Apakah Kamar Mandi Anda Sudah Sehat?
Perbesar
Ilustrasi kamar mandi. (dok. Pixabay/Dinny Mutiah)

Liputan6.com, Jakarta Kamar mandi merupakan tempat paling banyak kuman dan bakteri. Tak hanya itu, jika tidak dibersihkan secara rutin, kamar mandi juga bisa menimbulkan bau tak sedap dan membuat lantai berubah warna kuning. Hal itu bisa menimbulkan anggapan bahwa rumah kamu terlihat tak terawat dan membuat kondisi rumah kamu tidak sehat.

Nah, untuk lantai yang menguning mempunyai beberapa penyebab. Dilansir dari berbagai sumber, berikut penyebab dan cara mengatasi lantai kamar mandi menguning.

Kualitas air kurang

Penyebab pertama lantai menguning adalah diakibatkan air yang digunakan mengandung endapan. Mulai dari lumpur dan pasir yang ikut terbawa air. Hal itu bisa membuat lantai kamar mandi menguning. Untuk mengatasinya, diperlukan filter air yang mampu membuat air lebih jernih.

Tak hanya itu, rutin menyikat kamar lantai kamar mandi menjadi keharusan agar lantai tampak bersih setiap saat.

Sisa sampo dan sabun

Saat mandi, tentu kita menggunakan sampo dan sabun untuk membersihkan tubuh dari kotoran. Nah, sisa sampo dan sabun yang mengandung asam bisa menjadi salah satu penyebab lantai kamar mandi menguning. Cara mengatasinya, selalu bersihkan sisa sampo dan sabun setelah mandi. Siram dengan air sampai sisanya tidak ada di lantai.

Jika lantai tetap menguning, kamu bisa membersihkan lantai kamar mandi dengan pembersih lantai yang mengandung karbol. Kamu bisa menyikat lantai kamar mandi dengan pembersih lantai tersebut. Gunakan pembersih lantai yang memang terjamin.

 

(*)