Ini Kebutuhan Bulan Ramadan yang Wajib Kamu Punya

Oleh stella maris pada 22 Apr 2021, 00:00 WIB
Diperbarui 22 Apr 2021, 00:00 WIB
Ilustrasi daftar kebutuhan
Perbesar
Ilustrasi daftar kebutuhan/Shutterstock.

Liputan6.com, Jakarta Ramadan merupakan bulan yang istimewa dan kerap disambut dengan penuh sukacita dan rasa syukur. Lantaran Ramadan menjadi salah satu bulan yang istimewa, persiapannya pun biasanya dilakukan dengan cara yang berbeda. 

Yup, meski rutinitas harian dijalankan tetap sama, namun ada perubahan waktu yang wajib dilakukan, terutama saat sahur dan berbuka puasa. Oleh karena itu, agar puasa tetap nyaman dan aman ada beberapa kebutuhan yang harus disiapkan, seperti: 

1. Makanan Olahan

Biasanya saat sahur kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat. Selain untuk menjaga kesehatan, makanan kaya serat juga membuat kenyang lebih lama. 

Namun saat sahur atau berbuka puasa, beberapa orang memilih untuk nggak masak alias memilih membeli makanan di luar. Sebenarnya ini nggak ada salahnya kok. Tapi dibandingkan harus membeli makanan di luar, ada baiknya menyimpan makanan olahan di kulkas, seperti nugget, kentang goreng, sosis, bakso. 

2. Roti dan Sereal

Bahan makanan roti dan sereal ini wajib ada di rumah saat bulan puasa. Bukan untuk camilan ya, tapi untuk stok makanan yang mudah dikonsumsi saat malas memasak. Jika dibandingkan dengan mie instan, tentu roti dan sereal lebih menyehatkan. Misalnya ketika nggak sempat membuat makanan untuk sahur atau bahkan buka puasa.

Roti dan sereal ini juga mudah menyimpannya. Tetapi pastikan juga tanggal kedaluwarsanya sebelum membeli ya! Nah, untuk menyimpan roti ini agar bisa segar lebih lama bisa menyimpannya di freezer dengan lapisan plastik. Jika ingin mengonsumsi bisa langsung dipanggang saja. Sedangkan untuk sereal bisa dengan menyimpannya di toples atau juga lemari es ya.

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan termasuk stok makanan yang bisa bertahan sangat lama, asal disimpan di tempat yang kering. Itu karena kalau disimpan di tempat basah bisa-bisa tumbuh atau bahkan membusuk.

Misalnya saja seperti kacang hijau, kacang merah, dan kacang tanah. Kacang hijau bisa dibuat bubur untuk menu berbuka puasa. Kacang merah bisa dibuat sebagai es kacang merah atau juga dijadikan sayur. Sedangkan kacang tanah bisa untuk stok campuran membuat sambal kacang atau juga camilan ketika lapar tengah malam tetapi tidak ingin makan berat.

Ketiganya bisa dengan mudah disimpan dalam toples yang rapat. Hindarkan dari sinar matahari, kompor, dan tempat lembab. Jangan lupa untuk selalu cek setiap satu minggu sekali untuk memastikan ketiganya benar-benar selalu aman.

4. Microwave

Jika kamu masih ada sisa lauk saat berbuka puasa, daripada dibuang mending disimpan di dalam kulkas. Nah untuk menghangatkannya artinya kamu butuh penghangat makanan, seperti microwave. 

Yup, microwave dapat diandalkan karena proses pemanasan makanannya hanya hitungan menit bahkan detik. Singkat banget kan? So, kamu nggak perlu repot-repot memasak lagi. 

5. Toples

Dari beberapa daftar kebutuhan di atas, kamu juga wajib punya toples di rumah, untuk menyimpan makanan kering, seperti sereal dan kacang-kacangan. Toples menjadi salah satu peralatan rumah tangga yang tentunya nggak boleh kamu lewatkan selama Ramadan. 

Nah semua kebutuhan itu bisa kamu dapatkan tanpa harus keluar rumah. Hanya dengan sekali klik, kamu bisa mendapatkan barang-barang dan bahan makanan yang diinginkan. 

Menariknya lagi, selama Ramadan banyak promo menarik yang sayang jika kamu lewatkan. Di Tokopedia, jangan sampai ketinggalan promo dari Waktu Indonesia Belanja Spesial Ramadan

Yup, di Promo WIB Spesial Ramadan kamu bisa temukan berbagai brand-brand populer dan berkualitas yang menyediakan berbagai produk kebutuhanmu. 

Mulai dari produk elektronik rumah tangga, produk perawatan wajah, produk fashion anak, kebutuhan rumah tangga, produk makanan dan minuman dan masih banyak lagi! Di Waktu Indonesia Belanja ini kamu bisa temukan pesta promo untuk brand pilihan, lho! 

Nggak ketinggalan, sambil menunggu waktu berbuka puasa, kamu bisa menikmati Tokopedia TV Show. Bakalan hadir sejumlah musisi kenamaan Tanah Air. Eits, ada BTS juga lho! 

Yuk ikuti keseruan Tokopedia TV Show lewat aplikasi Tokopedia!

 

(*)