Cuma 10 Menit, Marcell Siahaan Ungkap Rahasia Tetap Sehat Selama Puasa Ramadan

Oleh Asnida Riani pada 20 Apr 2021, 06:01 WIB
Diperbarui 20 Apr 2021, 06:01 WIB
[Fimela] Marcell Siahaan
Perbesar
Marcell Siahaan. (Bambang E.Ros/Fimela.com)

Liputan6.com, Jakarta - Perubahan pola, entah dalam mengonsumsi makanan maupun waktu berkegiatan dalam keseharian, telah berjalan secara otomatis selama puasa Ramadan. Dalam pelaksanaannya, jangan sampai pergantian ini justru mengancam kesehatan tubuh Anda.

Diimbangi dengan menu makanan seimbang, menjaga hidrasi tubuh, dan memerhatikan kualitas tidur, olahraga juga jadi saran lain yang diberikan Marcell Siahaan untuk tetap bugar selama beribadah di Bulan Suci. Yang direkomendasikannya adalah ikut kelas online STRONG Nation selama 10 menit dalam sehari.

"Saya sangat senang memiliki banyak murid yang mempertahankan gaya hidup sehat dengan rutinitas olahraga yang teratur, dan saya mendorong mereka untuk tetap melakukannya selama puasa, jika merasa mampu," kata pria yang telah jadi instruktur STRONG Nation berlinsensi itu, dalam keterangan pers pada Liputan6.com, baru-baru ini.

"Akan sangat bermanfaat bagi tubuh dan pikiran jika terus mengikuti kelas. Bisa dilakukan dengan menurunkan intensitas sebesar satu atau dua tingkat, tapi jangan berhenti secara total,” sambung brand ambassador untuk program latihan HIIT tersebut.

Marcell menambahkan, kelas online STRONG Nation selama 10 menit ini merupakan opsi menarik bagi mereka yang baru mulai mengikuti latihan atau siapa pun yang tidak rutin berolahraga, namun ingin mengambil langkah ekstra untuk sehat dan bugar selama Ramadan.

"Selama memiliki kemauan untuk melakukannya, Anda tidak akan merasa terpaksa karena akan termotivasi dengan musik yang dirancang khusus untuk menyelaraskan setiap gerakan," Marcell Siahaan menjelaskan.

2 dari 4 halaman

Waktu Olahraga yang Direkomendasikan

Lama Vakum, Ini 7 Potret Terbaru Cut Memey yang Tetap Awet Muda di Usia 40 Tahun
Perbesar
Cut Memey (Sumber: Instagram/cutmemey)

Cut Memey, selebritas yang sudah jadi instruktur STRONG Nation selama lebih dari dua tahun menyambung, untuk pemula yang belum berpengalaman, bahkan tidak memiliki kebiasaan olahraga, kelas online selama 10 menit tersebut direkomendasikan dilakukan menjelang waktu berbuka puasa.

"Anda mungkin merasa sedikit lemas karena tidak mengonsumsi apa pun sepanjang hari, tapi biarkan musik yang menyemangati Anda, dan setelahnya Anda dapat menikmati (sajian) buka puasa," ucapnya.

Selain itu, satu jam setelah sahur, kata Cut Memey, juga jadi salah satu pilihan waktu terbaik untuk ikut kelas STRONG Nation. "Jangan lupa memberi jeda waktu dan membuat diri Anda tetap terhidrasi dengan baik sebelum memulai latihan 10 menit," ucapnya.

"Jika merasa percaya diri, lakukan dua kali sehari di jam-jam yang disarankan. Tapi, jika ingin mengikuti kelas STRONG Nation yang berdurasi 30 atau 60 menit, satu jam setelah berbuka puasa merupakan waktu yang tepat," sambungnya.

Master Trainer STRONG Nation, Umar Syarief, menguraikan, ada tiga level yang bisa dipilih sesuai kemampuan. Pertama, Low, yang dimodifikasi dengan gerakan pengaruh rendah bagi mereka yang baru memulai. Kemudian, Base, untuk melepaskan kekuatan Anda dengan gerakan yang jadi dasar program. "Terakhir, Max yang mendorong Anda  memberi tantangan menyeluruh pada tubuh," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Olahraga Benteng Kedua Cegah COVID-19

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓