Kata-Kata Perpisahan yang Ditulis Ratu Elizabeth II di Atas Peti Pangeran Philip

Oleh Putu Elmira pada 19 Apr 2021, 14:02 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 14:02 WIB
Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Perbesar
Ratu Inggris Elizabeth II duduk sendirian di Kapel St.George saat pemakaman Pangeran Philip, pria yang telah mendampinginya selama 73 tahun, di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Jonathan Brady/Pool via AP)

Liputan6.com, Jakarta - Kepergian Pangeran Philip meninggalkan kesedihan mendalam bagi anggota keluarga kerajaan Inggris, terkhusus sang istri, Ratu Elizabeth II. Pangeran Philip telah dimakamkan pada 17 April 2021 dalam prosesi privat yang hanya dihadiri 30 tamu di Kapel St. George di halaman Kastil Windsor.

Dilansir dari laman Hello Magazine, Senin (19/4/2021), Ratu Elizabeth II melepas Pangeran Philip dengan menulis kata-kata perpisahan. Ratu Elizabeth II meletakkan karangan bunga di atas peti mati Pangeran Philip sambil manruh sebuah catatan khusus.

"In loving memory, Elizabeth.(Dalam memori penuh kasih, Elizabeth)" demikian bunyi catatan tersebut.

Kartu itu ditulis tangan dengan pinggiran warna hitam. Sedangkan, karangan bunga menampilkan bunga lili putih, mawar putih kecil, freesia putih, sweet pea putih, wax flowers putih, dan melati.

Pangeran Philip meninggal dunia pada Jumat, 9 April 2021 di usia 99 tahun. Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip telah membina rumah tangga selama 73 tahun.

Peti mati Pangeran Philip dibalut dengan personal standards-nya beserta topi dan pedang Admiral of the Fleet Naval ditempatkan di atasnya. Fitur standar Duke menghormati warisan Philip dengan lambang Denmark, salib Yunani, Kastil Edinburgh, dan garis-garis keluarga Mountbatten.

2 dari 4 halaman

Kesedihan Mendalam

Melihat Prosesi Pemakaman Pangeran Philip
Perbesar
Ratu Elizabeth dari Inggris menyaksikan para pengusung jenazah membawa peti mati Pangeran Philip selama pemakamannya di Kapel St George di Kastil Windsor, Windsor, Inggris, Sabtu (17/4/2021). (Dominic Lipinski/Pool via AP)

Menjelang upacara pemakaman, keempat anak Ratu dan Philip ikut serta dalam prosesi khidmat, bersama Pangeran William dan Harry, Peter Phillips, Wakil Laksamana Sir Tim Laurence, dan Earl of Snowdon. Paling dekat dengan altar, Ratu duduk terpisah dari anak-anaknya.

Sejumlah anggota keluarga yang hadir adalah Duchess of Cornwall, Duchess of Cambridge dan Sophie, Countess of Wessex, yang merangkul anak-anaknya, Lady Louise Windsor dan James, Viscount Severn. Sophie telah digambarkan sebagai sumber penghiburan yang luar biasa bagi Ratu.

Sophie mengunjungi Ratu di Windsor pada hari-hari setelah Pangeran Philip meninggal dunia. Saat kebaktian, ia terlihat dengan masker yang ditarik ke bawah dan tampak sedang menyeka hidungnya dengan tisu.

3 dari 4 halaman

Prosesi Pemakaman Pangeran Philip

Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Prosesi Pemakaman Pangeran Philip. (Liputan6.com/Trieyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓