6 Tips Tetap Produktif Selama Jalani Puasa di Bulan Ramadan

Oleh Liputan6.com pada 19 Apr 2021, 01:30 WIB
Diperbarui 19 Apr 2021, 01:30 WIB
Ilustrasi Perempuan
Perbesar
Ilustrasi perempuan bekerja. (dok. Unsplash.com/@chuklanov)

Liputan6.com, Jakarta - Saat menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan, terkadang merasa kurang maksimal dalam bekerja sehingga menjadi kurang produktif. Berpuasa sembari bekerja tentu bukan hal mudah, apalagi di tengah kondisi masa pandemi Covid-19.

Bekerja lebih cermat dan memanfaatkan aktivitas ringan dapat memudahkan pekerjaan lebih produktif selama puasa. Berikut tips agar tetap produktif selama bulan Ramadan seperti dikutip dari berbagai sumber, Minggu, 18 April 2021.

1. Sesuaikan waktu tidur

Supaya Anda tetap produktif di bulan Ramadan. Memaksimalkan waktu tidur adalah cara yang baik untuk tetap produktif. Ada jadwal tertentu yang harus segera diperbaiki. Usahakan jadwal tidur malam Anda lebih awal dari pada biasanya.

Jangan biasakan tidur terlarut malam. Setelah sahur mungkin lebih baik jika Anda tidak terus tidur karena bisa membuat lesu setelahnya, sebagai gantinya, Anda dapat olahraga atau beraktivitas memberi energi lainnya.

2. Membuat rencana kegiatan

Meski terkadang merasa lemas, Anda harus menjaga aktivitas sehari-hari supaya bekerja dengan baik. Cara yang mudah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah membuat rencana kegiatan dalam sehari.

Tentukan pekerjaan yang sekiranya Anda memiliki tingkat kesulitan tinggi yang paling diprioritaskan di pagi hari. Anda bisa memanfaatkan waktu seharian dengan rencana yang sudah dibuat agar tetap produktif. Jangan lupa selesai jam kerja usahakan mengisinya dengan membaca Al-Qur'an.

3. Olahraga ringan

Jangan jadikan olahraga untuk menghambat puasa Anda. Tetap jalankan rutinitas olahraga seperti biasanya agar tetap sehat dan produktif di bulan Ramadan. Cari waktu yang sesuai untuk berolahraga menjelang buka puasa ataupun setelah buka puasa.

Hindari olahraga yang memiliki intensitas yang menguras banyak energi. Usahakan olahraga dalam waktu singkat, tujuan utama agar tetap menjaga fisik ideal dan sehat untuk produktif saat bulan Ramadan.

2 dari 4 halaman

4. Memanfaatkan waktu istirahat

Ilustrasi orang tidur.
Perbesar
Ilustrasi orang tidur. (dok. Kinga Cichewicz/Unsplash)

Memanfaatkan waktu istirahat selema bekerja sangat penting dibutuhkan untuk mengambalikan semangat puasa Anda. Anda juga dapat memanfaatkan istirahat untuk tidur siang singkat selama 20--30 menit untuk membantu merasa lebih baik dan siap produktif kembali.

Jangan lupa untuk pasang alarm di ponsel agar tetap bekerja tepat waktu. Ini merupakan salah satu cara yang diajurkan agar tetap produktif saat bulan Ramadan.

5. Jangan lupa ibadah

Bagian penting dan utama ketika di bulan Ramadan adalah memaksimalkan ibadah. Jika ibadah Anda konsisten dapat mendapatkan amalan yang baik untuk kehidupan. Selain itu, ibadah juga dapat memenangkan pikiran dan suasana hati Anda untuk mengembalikan semangat bekerja.

6. Hindari lembur

Ketika sedang bekerja, alangkah baiknya Anda harus mampu mengatur waktu bekerja. Usahakan menghindari lembur, segera tuntaskan segala jenis pekerjaan. Anda tetap produktif saat bekerja, jangan menunda-nunda pekerjaan. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19
Perbesar
Infografis Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19 (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓