Sukses

5 Kegiatan yang Bisa Bantu Dekatkan Hubungan Orangtua dan Anak di Bulan Ramadan

Bulan Ramadan bisa jadi momentum merekatkan hubungan orangtua dan anak lewat sederet kegiatan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun ini merupakan tahun kedua umat muslim menjalankan puasa Ramadan di tengah pandemi Covid-19. Anjuran untuk lebih banyak beraktivitas di rumah dibandingkan di luar masih terus digaungkan demi mencegah penyebaran infeksi penyakit menular tersebut.

Begitu pula dengan anak-anak. Walau sebagian sekolah sudah membuka kembali gerbangnya untuk belajar tatap muka, sebagian besar orangtua masih melarang anak-anak mereka bersekolah di luar rumah. Maka, waktu ini adalah momen tepat untuk sama-sama belajar tentang makna Ramadan.

Kegiatan apa saja yang bisa dilakukan para orangtua bersama anak untuk hal itu? Berikut Liputan6.com merangkum lima di antaranya, dikutip dari berbagai sumber, Kamis, 15 April 2021.

1. Mengajari Anak Berpuasa

Meskipun anak-anak tidak diwajibkan berpuasa Ramadan sebelum mencapai usia tertentu, para orangtua bisa perlahan-lahan mengajarkan aturan berpuasa pada anak. Bahkan, Anda bisa belajar bersama mengenai nilai-nilai Islam dengan menjelaskan kepada mereka pentingnya berpuasa menggunakan bahasa yang sederhana.

Anda bisa memulai dengan mengajak mereka bangun untuk sahur bersama. Lalu, berpuasa beberapa jam untuk melatihnya. Nanti, ketika sudah dewasa, mereka akan terbiasa pantang makan dan minum dari subuh hingga matahari terbenam.

2. Membaca Buku Bersama

Bulan Ramadan merupakan waktu yang tepat bagi anak-anak untuk meningkatkan belajar tentang Islam. Anda bisa menggunakan buku cerita bertema Ramadan atau kisah-kisah Islami lainnya yang bisa didapat secara online maupun ke toko fisik.

Bagi anak-anak yang masih balita, orangtua bisa membacakan kisah di buku dengan cara menarik. Gunakan gestur dan suara yang tepat agar pesan yang ingin disampaikan bisa melekat di benaknya.

Untuk anak-anak yang lebih besar, Anda bisa mengajak mereka membaca bersama secara bergantian dan mendiskusikan isinya bersama untuk menumbuhkan pemahaman. Cara tersebut, selain membangun kedekatan orangtua dan anak, Anda juga tak langsung membiarkan daya kritis anak terasah. Tentu, orangtua perlu menyiapkan bekal ilmu terlebih dulu.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Belajar Doa dan Ucapan Salam

Tinggal di rumah bersama-sama selama Ramadan bisa dimanfaatkan dengan mempelajari hal-hal baru. Salah satunya sesederhana mengajarkan ucapan selamat Ramadan. Bisa divariasi dengan membuat kartu ucapan bersama-sama untuk dikirimkan kepada kerabat jauh, baik via pos maupun via online.

Momen Ramadan juga bisa diisi dengan mempelajari doa-doa sederhana untuk diterapkan sehari-hari. Sambil diterangkan artinya, anak pun akan lebih paham.

4. Menyiapkan Hidangan Bersama

Menyiapakan makanan merupakan kebutuhan wajib pada bulan Ramadan. Lebih lagi ketika waktu berbuka tiba, Anda bisa menyiapkan bersama buah hati dengan berbicara kepada mereka tentang apa saja.

Ajari mereka cara yang benar menyiapkan hidangan buka puasa dan hidangan tradisi. Diskusikan bersama menu yang ingin disantap. Buatlah momen tersebut semenyenangkan mungkin. Nantinya mereka akan selalu mengingat kenangan manis bersama keluarga yang tak terlupakan hingga dewasa. 

5. Menghias Rumah Bersama

Kegiatan bermanfaat terakhir yang bisa dilakukan bersama-sama adalah mendekorasi atau menata rumah. Jadikan Ramadan tahun ini tampak lebih berkesan dari pada tahun sebelumnya.

Anda bisa membeli elemen dekoratif yang sudah jadi, atau membuatnya sendiri di rumah. Inspirasinya bisa didapat dari banyak media sosial. Tentukan bersama mana yang mau dibuat. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Panduan Ibadah Ramadan dan Idul Fitri 1442 Hijriah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.