Pangeran Harry dan William Berdiri Terpisah Saat Pemakaman Pangeran Philip

Oleh Komarudin pada 17 Apr 2021, 22:03 WIB
Diperbarui 18 Apr 2021, 23:04 WIB
Pangeran William dan Pangeran Harry
Perbesar
Pangeran William dan Pangeran Harry (AP Files)

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Harry dan William menghadiri pemakaman Pangeran Philip di Castil Windsor, Sabtu (17/4/2021) petang waktu setempat. Mereka tampak berdiri di belakang iring-iringan jenazah Pangeran Philip.

Pangeran Harry berdiri di sebelah kiri, sedangkan Pangeran William berdiri di sebelah kanan. Di tengah mereka tampak berdiri seseorang anggota keluarga kerajaan lainnnya.

Kehadiran Pangeran Harry dan William di Castil Windsor kali ini merupakan penampilan pertama mereka sejak wawancara Oprah Winfrey yang mengejutkan itu, seperti dilansir dari laman The Sun, Sabtu (17/4/2021).

Pangeran Harry telah mengisolasi di Frogmore Cottage di halaman Windsor, setelah terbang dari LA untuk pemakaman. Ini adalah pertama kalinya dia melihat keluarganya sejak Megxit - meskipun dilaporkan dia berbicara melalui telepon dengan Charles dan William setelah mendarat di Inggris.

Pangeran Harry dan William tampak bergerak perlahan dengan kelompok keluarga yang lain secara teratur di belakang peti jenazah Pangeran Philip menuju kapel.

 

2 dari 4 halaman

Prosesi Pemakaman

Pangeran Harry dan Pangeran William
Perbesar
Pangeran Harry dan Pangeran William saat pemakaman Pangeran Philip di kastil Windsor, Sabtu (17/4/2021) (dok.YouTube/The Globe and Mail)

Upacara pemakaman Pangeran Philip diawali dengan berkumpulnya seluruh pangeran dan bangsawan lain pada pukul 14.41 untuk mempersiapkan diri sebelum prosesi berlangsung. Setelah itu, mereka berangkat pada pukul 14.45 waktu setempat, menuju Kastil Windsor dengan berjalan kaki selama delapan menit.

Susunan pelayat pada prosesi ini sangat kontras dengan pemakaman Putri Diana pada 1997 ketika para pangeran muda berdiri tanpa jarak di belakang peti mati sang ibu. Ketika memasuki pintu kapel esok hari, Pangeran William akan berada di samping Peter, sedangkan Pangeran Harry akan berada di samping Earl of Snowdon.

Lalu, Ratu Elizabeth II akan diantar menuju upacara pemakaman dengan menggunakan mobil State Bentley miliknya. Seluruh tamu akan mengenakan masker selama prosesi upacara berlangsung.Mengheningkan cipta satu menit secara nasional akan diadakan pada pukul 15.00.

3 dari 4 halaman

Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur
Perbesar
Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓