Sukses

Pengalaman Anies Baswedan Nikmati Matahari Terbit di Pantai Teluk Penyu Cilacap

Anies Baswedan terkesan dengan seorang ayah dan kedua anaknya yang tiap pagi selalu bermain di Pantai Teluk Penyu.

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di dalam kota, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyempatkan diri jalan-jalan ke luar kota. Ia menyambangi Pantai Teluk Penyu, Kecamatan Cilacap Selatan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Kamis, 15 April 2021. Anies sempat menikmati matahari terbit dan bermain dengan anak-anak penduduk setempat.

Kegiatan itu dibagikan Anies Baswedan di akun Instagram pribadinya pada Jumat (16/4/2021). Dalam foto yang diunggahnya, pria 51 tahun itu terlihat mengenakan sarung merah dan kemeja koko biru dongker plus peci hitam serta masker menutupi mulut dan hidungnya.

"Semalam tiba di Cilacap untuk hadiri acara panen raya BUMD DKI, Food Station, bekerja sama dengan Pemkab Cilacap. Selepas subuhan di Masjid Agung Cilacap pagi tadi, kami menuju pancaran cahaya dari timur, menyongsong matahari terbit di Teluk Penyu," tulisnya dalam keterangan foto.'

Anies menambahkan, tiba di pantai, nampak seorang ayah sedang bermain bersama kedua anaknya. Katanya, tiap pagi usai Subuh mereka selalu di pantai karena rumah mereka tak jauh dari pantai.

Pria bernama Akmaludin itu mengaku seorang pedagang dengan dibantu kedua anaknya, Maharani dan Mustafa. Maharani bercita-cita jadi dokter, sementara Mustafa ingin jadi tentara.

"Saya katakan pada beliau, “Tiap pagi bermain di pantai bersama ayahnya, adalah sebuah kemewahan yang akan mereka kenang sepanjang hayatnya. Bersama kami sempat menggambar di pasir pantai. Tiap ombak menerpa, gambar itu hilang; kembali jadi kanvas kosong. Kreasi itu berulang, menggambar lagi. Begitu terus," tulis Anies lagi.

Menurut bapak empat anak itu, momen tersebut termasuk sebuah pendidikan keluarga. Selesai subuh mereka tak tidur di kamar, mereka pergi ke pantai menyongsong terbitnya matahari. Hal itu bisa jadi penanda besarnya semangat mereka untuk menyambut masa depan.

"Semoga Allah bukakan jalan-jalan bagi anak-anak ini untuk bisa melampaui cita-citanya. InsyaAllah cerahnya mata-hari pagi menandakan cerahnya mata-hati kita semua. Selamat pagi dari Cilacap, selamat pagi semua. Selamat berkarya.... ALIF, Alhamdulillah it's Friday," tutup Anies

Saksikan Video Pilihan Berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pasir Hitam dan Ombak Besar

Unggahan tersebut mendapat banyak respons pengikutnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan itu sudah disukai lebih dari 145 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 2.800 komentar.

"Masha Allah tabarakallahu untuk pak Akmaludin dan keluarga...pengen banget Kel kami bisa seperti itu.... bersyukur ya pak...merinding bacanya...😍😍," komentar seorang warganet.

"Makasih pak selalu mengingatkan pentingnya kehangatan keluarga dalam hal2 yg sederhana, spreading the love🤲🙏," komentar warganet lainnya.

Sesuai dengan namanya, Pantai Teluk Penyu digunakan sebagai tempat pengembangan penyu. Namun, saat ini sudah tidak banyak penyu ada di lokasi pantai ini. Ciri khas dari pantai ini adalah pasirnya berwarna hitam dan memiliki ombak yang besar.

Kawasan pantai membujur dari utara (Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap), ke selatan (Pulau Nusakambangan) dengan panorama kapal-kapal tanker yang keluar masuk Pelabuhan Tanjung Intan dan perahu-perahu nelayan tradisional yang berlalu lalang di sepanjang Pantai Teluk Penyu.

3 dari 3 halaman

Puncak Bukit Sepaku, Istana Ibu Kota Baru

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.