Sukses

Mengelola THR di Bulan Ramadan, Ingat Sisihkan untuk Masa Depan

Pengelolaan THR juga tertuju pada penekanan pentingnya investasi jangka panjang untuk masa depan.

Liputan6.com, Jakarta - Layaknya mengelola keuangan, alokasi penggunaan Tunjangan Hari Raya (THR) di bulan Ramadan juga harus jadi perhatian. Langkah ini ditempuh agar pemakaian THR tepat guna dan dapat digunakan untuk kebutuhan di masa mendatang.

Perencana keuangan Lolita Setyawati, menyebut alokasi penggunaan THR bagi setiap individu dapat berbeda-beda. Kendati demikian, tidak kalah pentingnya untuk menentikan prioritas sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Selain itu, harus melihat pula kondisi keuangan, jika memiliki utang yang cukup banyak dan kebutuhan pokok juga masih belum terpenuhi, kedua hal itu harus didahulukan. Hal tersebut terkecuali jika sudah tak punya utang dan kebutuhan mendesak telah tercukupi, baru bisa berlanjut ke urusan gaya hidup.

"Kita harus tentukan prioritas, pertama adalah bayar hutang dulu kalau ada, kemudian membayar zakat atau sedekah," kata Lolita dalam dalam Konferensi Pers Virtual OVO #RaihIkhlas, baru-baru ini.

Selanjutnya, memenuhi kebutuhan hidup dan jika ada dana cukup baru berikutnya investasi jangka panjang dan gaya hidup. Lantas, bagaimana jika urutan itu terbalik?

"Sebenarnya itu enggak apa-apa, contoh untuk yang kondisi keuangannya masih belum ideal, masih ada utang dan kebutuhan pokok harus terpenuhi, jadi ada porsi untuk membayar utang," tambahnya.

Dikatakan Lolita, untuk pribadi atau keluarga yang sudah aman atau stabil kondisi keuangannya, seperti tidak punya utang dan dana darurat cukup, dapat membagi alokasi anggaran THR. Langkah selanjutnya baru untuk sedekah dan investasi.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pentingnya Investasi

Lolita menyampaikan, investasi sangat penting untuk jangka panjang karena kehidupan tidak hanya berjalan untuk saat ini. "Setelah Lebaran, hidup masih berlanjut. Jadi penting banget harus sedini mungkin, karena semakin cepat kita memulai investasi hasil yang kita peroleh di masa depan akan semakin besar," ungkap Lolita.

"Ini yang disebut power compound interest, jadi kalau kita investasi, kita dapat imbal hasil atau bunga itu kita investasikan lagi, terus rolling," jelasnya.

Lolita juga mengajak masyarakat untuk menerapkan S3, yakni selembar saja sehari. "Jadi, dalam sehari kita mulai belajar mengajarkan diri kita untuk menyisihkan uang selembar saja sehari," tutur Lolita.

"Kita harus mengubah pikiran kita. Selama ini uang itu dibelanjakan sekarang, itu money mindset agak digeser sedikit. Sekarang tolong lebih dimunculkan mindset untuk masa depan, sebelum pandemi hidup aman-aman saja, ternyata terjadi pandemi sesuatu yang tidak kita duga sama sekali. Jadi kalau kita fokus ke masa depan, tentunya kita alan lebih siap kalau terjadi hal-hal seperti pandemi ini," katanya.

3 dari 3 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.