Sukses

6 Cara Mudah Bersihkan Kamar Mandi Tanpa Bikin Kantong Bolong

Dari kerak pada cermin, sampai kloset kamar mandi, semua bisa dibersihkan tanpa pusing memikirkan biaya yang mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Rutin bersih-bersih rumah, tak terkecuali kamar mandi, pun jadi salah satu faktor penunjang kesehatan. Berkaca pada fungsinya, kamar mandi cenderung rentan bau dan lantainya licin. Idealnya, kamar mandi dibersihkan seminggu sekali. 

Kendati rutin, membersihkan kamar mandi nyatanya tidak perlu selalu mahal. Ada sederet cara membersihkan kamar mandi tanpa bikin kantong bolong. Dari sekian banyak, berikut beberapa di antaranya seperti dilansir dari Asia One, Selasa, 13 April 2021.

1. Membersihkan cermin kamar mandi

Cipratan air yang membandel di cermin kamar mandi adalah pemandangan umum dan sulit dibersihkan. Cara terbaik mengatasinya, yakni basahi beberapa kain mikrofiber dengan alkohol isopropil, lalu encerkan dengan air, dan seka dengan lembut pada cermin.

2. Menghilangkan noda membandel keran

Seiring waktu, noda membandel akan menumpuk di sekitar keran. Cara praktis membersihkannya, yaitu menggunakan soda kue yang dikombinasikan dengan cuka putih.

Campurkan setengah cangkir soda kue dengan seperempat cuka putih dalam wadah untuk membentuk pasta. Setelah itu, gosokkan ke keran secara kuat dan diamkan selama 15 menit. Gunakan kain handuk untuk menggosoknya dan jangan lupa dibilas.

3. Atasi buih sabun di lantai kamar mandi

Kombinasi soda kue dan cuka putih juga bisa digunakan untuk membersihkan buih sabun di lantai kamar mandi. Komposisi campurannya sama seperti di atas. Setelah itu, oleskan pada permukaan lantai menggunakan kain mikrofiber atau spons dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan air sampai bersih.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

4. Membersikan Area yang Sulit Dijangkau

Caranya, tekuk sikat gigi bekas untuk membuat semacam sikat pembersih. Setelah itu, gunakan sabun pembersih kusus dan oleskan pada bulu sikat gigi bekas, mulailah membersihkan area yang sulit dijangkau. Jangan lupa dibilas menggunakan air hingga bersih.

5. Membersihkan lantai kamar mandi yang kotor dan berjamur

Lantai kamar mandi umumnya berubah jadi agak kecokelatan dan tampak kotor setelah beberapa bulan tidak dibersihkan. Jika hal itu terjadi, cara termudah untuk membersihkannya adalah dengan menggunakan pemutih. Biarkan larutan pemutih pada garis ubin selama sehari dan jangan lupa untuk membilasnya dengan air. 

6. Membersihkan kloset kamar mandi

Cara efektif membersihkan kloset adalah dengan menggunakan larutan limescale dan sabun khusus. Oleskan larutan itu pada bagian yang bermasalah secara merata. Jangan lupa bilas hingga bersih sampai noda tak terlihat. (Muhammad Thoifur)

3 dari 3 halaman

Perhatikan Cara Cuci Tangan yang Benar

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.