Sukses

5 Trik Agar Buah-Buahan Tetap Segar Lebih Lama

Tidak perlu khawatir belanja buah terlalu banyak karena ada cara untuk membuatnya tetap segar lebih lama.

Liputan6.com, Jakarta Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi adalah langkah awal untuk mendukung gaya hidup sehat. Di antara sekian pilihan makanan yang bisa dijadikan pilihan, buah-buahan adalah yang paling dianjurkan. Begitu besarnya manfaat dari buah, para Bunda tak segan-segan belanja buah-buahan dalam jumlah banyak dan bervariasi.

Namun dibalik kegemaran belanja buah, kerap ada rasa khawatir buah-buahan cepat layu atau tidak segar. Untuk hal ini, Bunda tidak perlu khawatir lagi karena ada tips dan trik untuk membuat buah-buahan tetap segar lebih lama.

1. Stroberi dan Rasberi: Bilas dengan cuka

Sebelum Anda menyimpannya di lemari es, cuci stroberi, raspberry, dan beri lainnya dengan campuran cuka dan air. Gunakan perbandingan 1: 3. Cara ini akan mendisinfeksi terhadap jamur, yang dapat memperpanjang umur simpan beberapa minggu. Kemudian bilas dengan air dan keringkan seluruhnya sebelum Anda konsumsi bersama keluarga.

 

2. Alpukat: Teteskan dengan lemon

Alpukat mengandung enzim yang menghasilkan pigmen coklat saat terkena oksigen, itulah sebabnya alpukat yang dibelah dua itu terlihat tidak menggugah selera begitu disimpan. 

Untuk menghindarinya, siram dengan lemon atau jeruk nipis.  Asam sitrat akan membantu mencegah kecoklatan setidaknya selama sehari. Anda juga bisa menyimpan irisan alpukat dengan potongan besar bawang bombai. Gas pada bombay mencegah oksidasi pada alpukat Anda. Selama bawang bombay hanya menyentuh kulit alpukat, rasanya tidak akan terasa.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Lemon: Hindari memotong menjadi dua

Jika Anda hanya membutuhkan perasan jus jeruk untuk resep atau minuman Anda, tusuk lemon utuh dengan garpu atau tusuk sate alih-alih memotongnya menjadi dua. Dengan cara ini, Anda bisa memeras apa yang Anda butuhkan tanpa mengeringkan seluruh lemon. 

4. Apel: Rendam irisan dalam air garam

Apel yang diiris adalah camilan salad yang sehat, tetapi sisa makanan yang kecokelatan tidak menarik. Rendam sisa irisan dalam mangkuk berisi air garam dingin untuk mencegah oksidasi,. Ingat, tidak lebih dari ½ sendok teh garam per liter air, atau Anda akan merasakan rasa asin. Setelah lima menit, keringkan dan simpan irisan Anda di lemari es dalam kantong plastik kedap udara.

 

3 dari 3 halaman

5. Pisang: Bungkus batang dengan bungkus plastik

Gas etilen dapat menyebabkan masalah, tetapi memisahkan setiap pisang dari tandan dan membungkus setiap batang dalam bungkus plastik dapat menghentikan penyebaran gas. Jika sudah terlalu matang sesuai keinginan Anda, kupas dan simpan di freezer untuk menambahkan smoothie dengan mudah. 

Itulah 5 trik menyimpan buah-buahan agar tetap segar lebih tahan lama. Selamat mempraktekkan ya Bunda. Selalu dorong agar anak-anak menyukai buah-buahan untuk tumbuh kembang yang lebih baik.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini