Sukses

Beda Cara Pangeran William dan Pangeran Harry Ekspresikan Kepergian Pangeran Philip

Pernyataan menyentuh turut disampaikan kakak beradik Pangeran William dan Pangeran Harry setelah sang kakek, Pangeran Philip, meninggal dunia di usia 99 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William dan Pangeran Harry memberi penghormatan untuk kakek mereka tercinta, Pangeran Philip. Duke of Edinburgh meninggal dunia di usia 99 tahun pada Jumat, 9 April 2021 di Kastil Windsor.

Dilansir dari laman BBC, Selasa (13/4/2021), dalam pernyataan terpisah, Pangeran William menggambarkan Pangeran Philip sebagai pria yang luar biasa. Sedangkan, Pangeran Harry menyebut sang kakek adalah pria yang melayani, terhormat, dan humoris.

"Aku akan merindukan kakekku, tapi aku tahu dia ingin kita melanjutkan pekerjaan itu," kata Pangeran William.

Ayah tiga anak ini menjelaskan soal pengabdian Pangeran Philip semasa hidup. Kehidupan kakeknya ditentukan oleh pelayanan kepada negara dan persemakmurannya, kepada istri dan Ratu, juga kepada keluarga kerajaan.

"Aku merasa beruntung tidak hanya memiliki teladannya untuk membimbingku, tetapi kehadirannya yang abadi hingga ke kehidupan dewasaku, baik melalui saat-saat indah maupun hari-hari tersulit," lanjut William.

Dikatakan William, ia dan sang istri, Kate Middleton, selalu bersyukur memiliki waktu bertahun-tahun untuk mengenal Pangeran Philip dan kebaikan sang kakek yang ditunjukkan kepadanya.

"Aku tidak akan menyia-nyiakan begitu saja kenangan khusus yang akan selalu dimiliki anak-anakku tentang kakek buyut mereka yang datang untuk menjemput mereka di keretanya dan melihat sendiri rasa petualangannya yang menular serta selera humornya yang jahil," lanjut Pangeran William.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kata Pangeran Harry

William menyebut ia dan Kate akan terus melaksanakan apa yang sang kakek inginkan dan akan mendukung Ratu di tahun-tahun mendatang. Tak hanya William, Pangeran Harry juga menyampaikan pernghormatannya untuk sang kakek.

"Ia adalah dirinya yang autentik, dengan kecerdasan yang sangat tajam, dan dapat menarik perhatian ruangan mana pun karena pesonanya dan juga karena Anda tidak pernah tahu apa yang akan dia katakan selanjutnya," kata Harry.

Suami Meghan Markle ini melanjutkan bahwa Pangeran Philip akan dikenang sebagai suami dari penguasa terlama, seorang prajurit yang dihormati, seorang pangeran, dan seorang bangsawan.

"Namun bagi saya, seperti banyak dari Anda yang telah kehilangan orang yang dicintai atau kakek nenek karena rasa sakit tahun lalu. Ia adalah kakek saya: ahli barbekyu, legenda senda-gurau, dan berani sampai akhir," tambahnya.

3 dari 3 halaman

Geger Wawancara Meghan Markle dan Pangeran Harry

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.