Sukses

Resep Ayam Asam Manis, Lezat dan Mudah Dibuat

Sajian ayam asam manis sangat praktis dibuat dan cocok untuk santap siang Anda.

Liputan6.com, Jakarta - Seperti telur, ayam dapat diolah menjadi aneka sajian lezat, namun praktis dibuat. Salah satu menu yang bisa Anda masukkan dalam daftar rekomendasi santapan, yakni ayam asam manis.

Anda dapat membuat sendiri di rumah ayam asam manis dan sangat cocok untuk santap siang. Kolaborasi rasa dari makanan ini akan memanjakan lidah Anda dan juga keluarga tercinta.

Apa saja bahan-bahan yang diperlukan dan bagaimana proses pembuatannya? Yuk, simak rangkuman selengkapnya seperti dilansir dari PinkVilla, Senin, 12 April 2021, di bawah ini.

Bahan-Bahan:

500 gr ayam tanpa tulang

1/2 cup tepung maizena

2 putih telur

1/4 garam

1/2 cup gula

1/4 cup gula merah

1/2 cup cuka sari apel

2 siung bawang putih

3 sdt kecap

1/4 cup saus tomat

1 sdt jahe parut

1 paprika merah

1 paprika kuning

1 cup nanas yang sudah dipotong-potong

Minyak secukupnya

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Langkah-Langkah Pembuatan:

1. Campurkan ayam tanpa tulang, tepung maizena, telur, garam dalam mangkuk. Aduk rata untuk melapisi potongan ayam secara merata. Diamkan selama 15--20 menit agar ayam menyerap bahan-bahannya.

2. Untuk membuat sausnya, campurkan gula, gula merah, cuka sari apel, bawang putih, kecap, dan saus tomat.

3. Panaskan sedikit minyak dalam wajan dan bila sudah sangat panas baru tambahkan potongan ayam.

4. Goreng potongan selama satu menit di setiap sisi untuk mendapatkan bagian luar yang cokelat dan renyah. Jangan terlalu lama memasak ayam karena dapat membuatnya menjadi kering dan kenyal.

5. Tumis jahe parut, paprika merah potong kasar, paprika kuning potong-potong, bawang ukuran sedang potong-potong, dan potongan nanas dengan minyak yang sama saat memasak ayam.

6. Lalu, tambahkan saus yang sudah disiapkan ke dalam wajan dan aduk rata untuk melapisi sayuran dengan saus dengan benar.

7. Tambahkan kembali potongan ayam dan masak selama sekitar satu menit dengan api besar. Aduk rata dan sajikan selagi panas. Selamat mencoba.

 
3 dari 3 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.