Sukses

Resep Bola-Bola Kurma Almond Kreasi Chef Devina, Sehat dan Mengenyangkan

Cara membuat bola-bola kurma relatif mudah, terutama bila Anda memiliki food processor di rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang bulan Ramadan, makin mudah kita menemukan kurma di berbagai tempat. Buah yang tumbuh di gurun ini dianjurkan Nabi Muhammad sebagai makanan berbuka puasa lantaran khasiatnya untuk kesehatan.

Buah kurma mengandung karbohidrat sederhana, bahkan 70 persennya terdiri dari zat itu. Selain itu terdapat pula serat, protein, kalsium, zat besi, dan vitamin B6.

Dengan kandungan serat makanan yang baik, kurma bisa membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sekitar 6,4 persen--11,5 persen kurma mengandung serat tidak larut yang membantu memadatkan feses sehingga menekan risiko terkena diare maupun sembelit.

Kurma juga mengandung antioksidan yang bisa mengurangi efek radikal bebeas dalam tubuh. Beberapa jenis antioksidan yang terdapat dalam kurma adalah flavonoid, karorenoid, dan asam fenolik. 

Sementara, kandungan karbohidrat dan serat tidak larut dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kurma juga bisa menyehatkan tulang dengan kandungan selenium, mangan, tembaga dan magnesium. 

Dengan sederet manfaat tersebut, tentu sayang bila Anda melewatkannya dalam menu harian. Bila bosan dikonsumsi langsung, Anda bisa mengolahnya dengan mencoba resep praktis Bola-Bola Kurma Almond kreasi Chef Devina Hermawan bersama Nutella. Cara membuatnya relatif mudah, hanya saja perlu food processor bila ingin menyelesaikan pembuatannya dalam tujuh menit saja. Simak resepnya berikut ini.

Bahan-Bahan:

200 gram kurma

85 gram almond

30 gram selai coklat

30 gram bubuk cokelat

30 gram kelapa parut kering

30 gram cranberi kering.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Membuat

1. Masukkan almond ke dalam food processor. Blender selama 15 detik - jangan terlalu halus. 

2. Tambahkan kurma yang sudah dibuang bijinya dan cranberi, haluskan.

3. Tambahkan selai cokelat dan bubuk cokelat, blender, haluskan.

4. Tambahkan kelapa parutt, aduk rata.

5. Pindahkan adonan ke mangkuk besar. Gunakan tangan atau sendok untuk membuat bola-bola kecil, siap disantap. Anda bisa menyimpan di kulkas sebelum disajikan.

Catatan: bila tak memiliki food processor, Anda bisa menggunakan blender untuk mencampur dan menghaluskan bahan-bahan. Tambahkan sedikit air agar bisa tercampur, serta sedikit oat instan agar adonan mudah dibentuk.

3 dari 3 halaman

Tips Aman Berpuasa Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.