Sukses

7 Aktivitas Extra Faedah yang Bisa Kamu Lakukan Jelang dan Saat Sahur

Kamu berkesempatan mendapatkan hadiah berlimpah melalui program Rejeki WOW Treasure Hunt.

Liputan6.com, Jakarta Bulan Ramadan akan segera tiba. Persiapan apa saja yang sudah kamu lakukan untuk menyambut bulan yang penuh suci ini? Salah satu kegiatan yang wajib di bulan Ramadan adalah bangun untuk sahur. 

Biasanya setelah sahur, kebanyakan orang langsung tidur. Padahal hal ini kurang baik untuk kesehatan lho, salah satunya menyebabkan berat badan naik. 

Nah agar waktu pagimu lebih bermakna, ada baiknya mulai melakukan beberapa aktivitas yang berfaedah menjelang dan saat sahur berikut ini: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Membaca

Kalian pasti sudah tahu bahwa banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kebiasaan membaca. Yup, buku adalah sumber pengetahuan. Selain itu dengan banyak membaca, kemampuan konsentrasi juga dapat meningkat lho! Untungnya sekarang ada teknologi, jadi kamu nggak perlu buku fisik untuk membaca. Cuma lewat eBook kamu bisa leluasa membaca buku-buku favoritmu secara berkala saat sahur. 

3 dari 8 halaman

2. Mengaji

Ada baiknya kegiatan positif ini dilakukan setelah sahur. Daripada kamu langsung tidur, sambil menunggu adzan subuh dan menunaikan salat, yuk mengaji. Dengan mengaji, selain kita lebih mendapatkan ketenangan dan wawasan mengenai agama Islam jadi lebih luas. Nah soal mengaji, sekarang kita bisa melakukannya dengan mudah dan cepat, yaitu lewat smartphone. Kamu hanya perlu memilih aplikasi mengaji yang sesuai dengan kebutuhanmu.

4 dari 8 halaman

3. Asah Bakat

Coba mulai pikirkan apa saja bakatmu yang mungkin masih terpendam. Di bulan Ramadan ini, gunakan waktu menjelang atau saat sahur untuk mempertajam bakatmu. 

Misalnya buat kamu yang suka bermain game, bisa memanfaatkan waktu sahur untuk mengasah kemampuan. Seiring dengan perkembangan zaman, game bisa menjadi sumber pendapatan. Banyak turnamen yang memberikan hadiah berupa uang tunai dengan jumlah yang menggiurkan. Siapa tau kamu bisa menjadi Pro Player.

5 dari 8 halaman

4. Olahraga

Nah ini adalah aktivitas yang bisa kamu lakukan usai sahur. Lakukan saja olahraga ringan, seperti Yoga. Nggak perlu repot harus pergi ke gym karena sekarang workout bisa dilakukan di rumah. 

Caranya kamu hanya perlu melihat YouTube untuk melihat gerakannya dan mengikuti panduannya. Dengan olahraga dari rumah, minimal tubuhmu bisa mengolah kalorinya untuk dijadikan energi, agar lebih bersemangat menjalani rutinitas harianmu. 

6 dari 8 halaman

5. Bikin Jadwal Harian

Agar hari-harimu berjalan lancar, cobalah membuat daftar kegiatanmu. Modifikasi sedikit berbeda dari kegiatanmu biasanya, misalnya menambahkan agenda untuk mengunjungi panti asuhan untuk buka puasa bersama. Untuk pencatatan jadwal, andalkan smartphone-mu untuk membuat agenda harian.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pengatur jadwal lho, agar menjadi pengingat untuk agenda pentingmu. Jadi nggak ada lagi deh, jadwal berantakan atau alasan untuk lupa.

7 dari 8 halaman

6. Introspeksi Diri

Ini saatnya kamu melakukan introspeksi diri. Cobalah untuk memikirkan kekurangan apa saja darimu yang nggak terlaksana di bulan Ramadan tahun lalu dan perbaiki di tahun ini. Kamu juga wajib tahu bahwa ada beberapa manfaat introspeksi diri, salah satunya untuk menentukan tujuan hidup ke depan. 

Agar berhasil dan sukses di masa depan, yuk mulai mengatur keseimbangan emosi dan pikiran untuk mencegah kesalahan yang sama. Nah, di poin ini kamu bisa mengikuti kelas-kelas tentang motivasi diri yang biasanya dilakukan via Zoom. 

8 dari 8 halaman

7. Donasi

Sekarang teknologi sudah sangat maju. Di bulan Ramadan, donasi bisa dilakukan lewat smartphone-mu. Salah satunya dengan ikut mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas. Cara ini bisa jadi pilihanmu untuk memanfaatkan jam-jam menjelang dan saat sahur di bulan Ramadan. Soal kuota yang dipakai di jam-jam tersebut, kamu nggak perlu khawatir.

Kegiatan sahur extra faedah di atas bisa banget diwujudkan tentu didukung dengan layanan internet yang lancar. Nah pas banget, Smartfren memberikan Extra Unlimited Malam Full Speed yang bisa dinikmati para pelanggan Smartfren Unlimited. Dengan Extra Unlimited Malam Full Speed ini kamu bisa internetan sepuasnya mulai dari jam 01.00-05.00 di semua aplikasi, di mana saja, dan kapan saja di jaringan 100% 4G LTE. 

Oh ya mengenai kegiatan berfaedah di bulan Ramadan yang didukung dengan kenyamanan berinternet, Djoko Tata Ibrahim, Deputy CEO Smartfren mengatakan bahwa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sebaiknya nggak jadi halangan untuk menjalani Ramadan dengan penuh makna. "Ada banyak hal positif dan berfaedah yang bisa kita lakukan bersama dengan memanfaatkan teknologi," katanya. 

Lebih extra lagi, Smartfren menghadirkan rangkaian kegiatan bertajuk #RamadanExtraFaedah dengan menggandeng Arief Muhammad (Content Creator) dan Anya Geraldine (Artist/Influencer) dan mengajak semua masyarakat khususnya kaum muda untuk menyebarkan kebaikan dengan menciptakan konten-konten berfaedah dan positif di media sosial. 

Selain itu, lewat Arief dan Anya, kalian juga diajak untuk mendukung kokreasi Smartfren dengan seniman visual Hana Madness dan produsen fesyen lokal Koolastuffa yang mengeluarkan merchandise khusus Ramadan berupa Kemeja Koko dan Scarf. 

Yang bikin extra faedah lagi hasil kontribusi dari penjualan akan didonasikan melalui Yayasan Benih Baik Indonesia dan akan digunakan untuk mendukung UMKM milik para penyandang disabilitas, memberikan peralatan pendukung penyandang disabilitas, serta mendukung pembangunan rumah baca.

Masih ada yang menarik lainnya lho! Kamu berkesempatan mendapatkan hadiah berlimpah melalui program Rejeki WOW Treasure Hunt. Yup, Smartfren menyediakan total hadiah hingga miliaran rupiah mulai dari bonus pulsa, smartphone, laptop, motor, tabungan ratusan juta, hingga hadiah utama berupa mobil. Caranya gampang banget, yuk download/upgrade aplikasi MySmartfren, perbanyak transaksi dan temukan harta karun-mu.

Masih belum cukup? Di bulan Ramadan ini, Smartfren juga mengajak pelanggan untuk semakin berfaedah dengan Ngonten Extra Faedah. Semua memiliki kesempatan memenangkan hadiah menarik setiap minggunya, seperti Sepeda Limited Edition, Sony Playstation 5, iPhone 12, kamera mirrorless, laptop, dan masih banyak lagi. 

Cara ikutannya gampang banget kok. Kalian hanya perlu membuat konten berfaedah, baik dalam bentuk video maupun foto, dan mengunggahnya ke media sosial dengan mention @smartfrenworld, tag dua teman, dan cantumkan tanda pagar #RamadanExtraFaedah dan #UnlimitedBisaSemua.

"Jadi nggak perlu lama menunggu! Ayo gunakan Smartfren Unlimited, buat konten penuh faedah, sebarkan lewat media sosialmu dan jalani Ramadan yang Extra Faedah untuk dirimu dan banyak orang lain," tutup Djoko Tata Ibrahim.

Info lengkapnya bisa di cek melalui www.smartfren.com/extrafaedah.

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini