Sukses

Mengenang Pangeran Philip sebagai Ikon Fesyen

Selama hidupnya, Pangeran Philip memakai busana sempurna, tapi tanpa menarik perhatian. Sempurna, tapi hampir tidak terlihat.

Liputan6.com, Jakarta - Kerajaan Inggris berduka. Pangeran Philip, suami Ratu Elizabeth II, menghembuskan napas terakhir di usia 99 tahun pada Jumat (9/4/2021). Sejak beberapa bulan lalu, ayah empat anak ini memang sudah bolak-balik rumah sakit untuk mendapat perawatan medis.

Pertengahan Februari lalu, kakek Pangeran William ini tercatat menjalani prosedur operasi jantung di rumah sakit khusus perawatan jantung, St. Bartholomew's, London, Inggris. Ia pun sempat menjalani rawat inap karena infeksi setelahnya.

Sepanjang usianya, di mana Pangeran Philip baru pensiun dari tugas kerajaan pada 2017 lalu, begitu banyak memori akan dirinya tertanam di benak publik. Salah satu yang tak terpisahkan adalah bagaimana Duke of Edinburgh menjelma jadi ikon fesyen.

Melansir laman Esquire, Jumat (9/4/2021), Pangeran Philip, bahkan di usia senjanya, tercatat menavigasi "kode berpakaian" yang lebih sulit daripada kebanyakan pria. Sebagai pasangan Ratu Inggris, pakaiannya harus sempurna, tapi "hampir tidak terlihat." Sempurna, tanpa menarik perhatian.

Saat dilihat lebih dekat, Pangeran Philip memiliki banyak teladan tentang berpakaian dengan "benar dan menahan diri," juga pentingnya terlihat nyaman. Ini berlaku untuk setelan klasiknya, yang dibuat penjahit Savile Row, John Kent, dan sama relevannya sekarang seperti di tahun 1950-an.

Gaya personal Pangeran Philip selalu terkesan lebih santai. Kombinasi busananya dari satu dekade ke dekade lain kemudian memunculkan istilah "smart-casual" sebagai deskripsi populer.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Menambah Aksen-Aksen Tak Terduga

Di samping itu, berdasarkan laporan Sharp Magazine, Pangeran Philip juga acap kali menambahkan elemen-elemen busana yang sebelumnya tak terpikir untuk dipadankan dalam satu look. Topi flanel yang "dimiringkan" dengan sempurna, misalnya.

Blazer double-breasted juga jadi ciri khasnya, di mana sang istri justru biasanya mengenakan jaket single-breasted. Ia juga sudah tercatat dengan pandainya memilih busana untuk diseleraskan dengan tempat yang akan disambanginya.

Pangeran Pihilp akan dengan cerdiknya memilih setelan jas klasik ketika berfoto dengan mobil kuno. Namun, ia juga akan menambahkan aksesori, seperti kacamata cokelat, sebagai twist menyenangkan dalam penampilan tersebut.

3 dari 3 halaman

Infografis Pangeran Harry dan Meghan Markle Mundur

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.