7 Manfaat Konsumsi Melon untuk Kesehatan, Salah Satunya Bagus untuk Kulit

Oleh Liputan6.com pada 13 Apr 2021, 01:32 WIB
Diperbarui 13 Apr 2021, 01:32 WIB
Ilustrasi Melon
Perbesar
Ilustrasi melon. (dok. Unsplash.com/Oriol Portell @oriol_portell)

Liputan6.com, Jakarta - Buah melon memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Melon juga mengandung nutrisi, seperti kalium, vitamin, protein dan magnesium.

Apa saja manfaat buah melon lainnya? Simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari laman Healthline, Kamis, 8 April 2021, berikut ini.

1. Membantu mengurangi tekanan darah

Secara umum, ada beberapa buah dan sayuran dikaitkan dengan penurunan risiko tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Salah satunya buah melon karena terbukti memiliki kandungan rendah natrium dan asupan kalium yang cukup mempengaruhi regulasi tekanan darah secara positif.

Apabila Anda meningkatkan asupan kalium, coba tambahkan buah melon ke dalam makanan Anda. Karena buah ini sebagai sumber kalium yang baik yaitu dengan satu porsi cup 177 gram menyediakan 12 persen AKG.

2. Membantu kesehatan tulang

Melon mengandung beberapa nutrisi folat, vitamin K, dan magnesium yang penting untuk memperbaiki tulang kuat. Penelitian menunjukkan konsumsi yang mengandung float seperti melon dapat meningkatkan kesehatan tulang dengan memastikan kadar homorsistein tetap. Selain itu, vitamin K dapat menjadi asupan penting untuk kesehatan tulang.

Kandungan magnesium pada melon dapat bertanggung jawab untuk membangun jaringan tulang agar berfungsi dengan baik. Dengan itu, magnesium adalah nutrisi yang penting untuk kesehatan tulang Anda.

3. Kontrol gula darah

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan buah-buahan seperti melon secara teratur dapat meningkatkan kadar gula darah yang sehat. Bahkan sebuah studi menemukan bahwa mereka yang konsumsi buah segar setiap hari 12 persen lebih kecil kemungkinan untuk berisiko diabetes, dibandingkan dengan mereka yang jarang makan buah.

Selain itu, para peserta yang sudah menderita diabetes ketika makan buah setidaknya tiga kali seminggu dapat menurunkan komplikasi kesehatan terkait diabetes 13--28 persen lebih rendah. Melon juga mengandung serat dan nutrisi lain yang membantu meningkatkan kontrol gula darah dari waktu ke waktu.

2 dari 4 halaman

4. Meningkatkan hidrasi tubuh

Ilustrasi Melon
Perbesar
Ilustrasi melon. (dok. Unsplash.com/Kenny Timmer @kcatimmer)

Pertama ketika memikirkan hidrasi mungkin yang terlintas di pikiran Anda adalah air. Namun, untuk menghidrasi secara efektif dan benar membutuhkan elektrolit, suatu zat berbentuk ion. Melon memiliki kandungan sekitar 90 persen air dan elektrolit seperti kalium, magnesium, natrium, dan kalsium.

Kombinasi air dan nutrisi tersebut dapat membuat melon bagus untuk meningkatkan hidrasi pada tubuh. Selain itu, dapat melembapkan setelah berolahraga atau jika hanya mencoba untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

5. Mendukung kulit sehat

Konsumsi melon secara teratur dapat mendukung kesehatan kulit karena kandungan vitamin C yang tinggi. Asupan vitamin tersebut cukup penting untuk produksi kolagen yang tepat, protein struktural utama yang penting untuk memperbaiki dan memelihara jaringan kulit. Selain itu, vitamin C merupakan antioksidan yang kuat.

Beberapa penetilitan menunjukkan bahwa vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari. Buah melon ini adalah sumber vitamin C yang sangat baik untuk satu cup melon menyediakan 53 persen AKG. Konsumsi melon adalah cara mudah untuk memenuhi kebutuhan harian kulit yang sehat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain menyehatkan kulit, ternyata vitamin C dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Seperti diketahui sistem kekebalan tubuh membutuhkan nutrisi agar berfungsi dengan baik salah satunya vitamin C menjadi komponen penting.

Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C yang cukup dapat mencegah dan mengobati berbagai infeksi pernapasan dan sistematik seperti pneumonia dan flu biasa. Selain itu, Melon menjadi makanan yang enak untuk ditambahkan ke dalam makanan harian Anda.

7. Meningkatkan sistem pencernaan

Buah melon memiliki kandungan serat dan nutrisi yang populer untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Hal itu karena asupan serat makanan yang cukup dapat memperlambat respon gula darah dan meningkatkan keteraturan usus untuk pertumbuhan bakteri yang sehat. Satu cup melon menyediakan sekitar 1,5 gram atau sekitar 5 persen AKG untuk serat.

Meskipun banyak buah lain mengandung lebih banyak serat tapi melon masih dapat meningkatkan asupan serat harian Anda. Faktanya, beberapa orang dengan gangguan pencernaan tertentu konsumsi buah serat seperti melon lebih efektif ketimbang makanan berserat tinggi lainnya. (Muhammad Thoifur)

3 dari 4 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓