Heboh Wakil Indonesia Gugup Jawab Pertanyaan di Miss Eco International 2021

Oleh Henry pada 07 Apr 2021, 22:02 WIB
Diperbarui 07 Apr 2021, 22:02 WIB
Heboh Wakil Indonesia Gugup Jawab Pertanyaan di Miss Eco International 2021
Perbesar
Miss Eco Indonesia 2020, Intan Wisni Permatasari. (dok.Instagram @intanwisni89/https://www.instagram.com/p/CNPc1esnHBM/Henry)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Miss Eco Indonesia 2020, Intan Wisni Permatasari mendadak jadi perbincangan. Ia merupakan perwakilan Indonesia di ajang kontes kecantikan Miss Eco International 2021 yang baru saja selesai digelar di South Sinai, Mesir, pada Minggu, 4 April 2021 waktu setempat.

Kontes kecantikan ini diikuti oleh berbagai finalis dari beberapa negara seperti Thailand, Amerika Serikat, Venezuela, Panama, Belgia, Korea Selatan, sampai Indonesia. Finalis dari Afrika Selatan, Gizzelle Uys, terpilih sebagai Miss Eco International 2021. Namun, ada satu hal yang mencuri perhatian para warganet di media sosial, terutama di Indonesia, yaitu penampilan Intan Wisni Permatasari.

Wanita kelahiran 1997 ini berhasil masuk ke dalam top 10 Miss Eco International 2021. Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @dpbm19 pada 5 April 2021. Namun saat menjawab pertanyaan dari juri, Intan ditanya oleh salah seorang juri tentang imigrasi ilegal, ia terlihat gugup dan menjawab pertanyaan dengan terbata-bata. Ia juga membutuhkan interpreter atau penerjemah untuk menjawab pertanyaannya.

"Imigrasi yang ilegal adalah di mana suatu negara imigrasi yang disetujui dan diperbolehkan oleh negara tersebut dan memiliki sesuatu persetujuan like...mmm,… perjanjian sesuatu untuk negara tersebut dan menghasilkan sesuatu untuk kelegalitasan tersebut, termasuk dalam PBB. Sorry, thank you," jawab Intan dalam bahasa Indonesia.

Sang interpreter pun menjelaskan kembali jawaban Intan dalam bahasa Inggris. Namun, ia juga terlihat kebingungan dan berpikir harus menjelaskan apa. "Illegal immigration is contradiction to the law, the law that United Nation has comitted that law," ucapnya.

Video Intan yang menjawab pertanyaan ini pun viral di TikTok. Banyak warganet, terutama dari Indonesia yang merasa gemas dengan jawaban Intan, karena merasa ia tak bisa menjawab pertanyaan juri dengan benar.

"Gw juga kalo jadi translatornya bakalan bingung dia ngomong apa sih," komentar salah seorang warganet. “kayaknya bahasa Inggris harus jadi syarat buat ikut ajang internasional deh kalo kayak gini asli malu banget," timpal warganet lainnya.

Sampai berita ini ditulis, video tersebut sudah ditonton lebih dari 1,8 juta kali dan mendapatkan lebih dari 8 ribu komentar. Lucunya, bukan hanya wakil Indonesia, wakil dari Thailand ternyata juga meminta penerjemah saat diajukan pertanyaan oleh juri. Ia pun sempat kebingungan menjawab pertanyaan dan membuat sang penerjemah agak sulit mengemukakannya dalam bahasa Inggris.

2 dari 4 halaman

Terlambat Ikut Karantina

Heboh Wakil Indonesia Gugup Jawab Pertanyaan di Miss Eco International 2021
Perbesar
Heboh Wakil Indonesia Gugup Jawab Pertanyaan di Miss Eco International 2021. foto: TikTok @dpbm19

Video tersebut juga diunggah oleh akun yang sama. Warganet yang juga kebanyakan dari Indonesia merasa heran dan mempertanyakan kualitas dari ajang tersebut.

Sementara itu, di akun Instagramnya, Intan tidak menjelaskan tentang kejadian di ajang kecantikan tersebut. Ia hanya membagikan foto-foto saat berada di Mesir. Bahkan dalam unggahan di hari ini, Rabu (7/4/2021), ia mengucapkan terima kasih pada pihak KBRI di Kairo yang sudah mendukung dirinya dengan menonton langsung penampilannya di Miss Eco International 2021.

Sementara sejumlah warganet juga menyerbu kolom komentar di Instagram Intan. Banyak yang mempertanyakan alasan dan cara Yayasan El John Indonesia dalam mengirimkan wakilnya ke ajang internasional.

Meski begitu, banyak juga yang membela Intan dan mengaku bangga dengan pencapaian wakil Indonesia yang berhasil masuk Top 10. Ada juga yang menuliskan kalau persiapan Intan memang kurang karena terlambat mengikuti karantina karena ada masalah visa yang membuatnya tidak bisa sampai tepat waktu di Mesir.

"Allhamdullilah @intanwisni89 kamu luar biasa.dari transformasi body,kendala vis,kurang sponsor tapi,kamu hebat salah satu wakil indonesia terbaik .karena berjuang di tengah pandemi sukses selalu sekali teromakasih buat indonesia mempertahkan prestasi di miss echo top 10," tulis akun @dedesetiawan292.

Sebelum menyandang Miss Eco Indonesia 2020, Intan Wisni Permatasari juga sempat menjadi Miss Earth Banten Indonesia 2017. Ia juga pernah menyabet prestasi sebagai Miss Global Beauty Queen Indonesia 2019 lalu.

3 dari 4 halaman

Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya

Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya
Perbesar
Infografis Pakai Masker Boleh Gaya, Biar Covid-19 Mati Gaya (Liputan6.com/Triyasni)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut:

Lanjutkan Membaca ↓