Sukses

Kerjakan 8 Hal Ini di Akhir Pekan untuk Tingkatkan Kualitas Hidup

Terapkan tips berikut untuk meningkatkan keamanan pengalaman berbelanja Anda.

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan datang kembali. Sesuatu yang tentu sangat Anda nantikan setelah menjalani pekerjaan yang sibuk dan memeras pikiran. Ada begitu banyak hal yang harus dilakukan selama akhir pekan bila Anda ingin mengurangi tekanan atau mendapatkan energi baru untuk menjalani minggu depan, yang juga pekan pertama puasa ramadan.

Daripada menghabiskan waktu dengan banyak tidur, yang bisa mempengaruhi ritme biologis Anda maka lebih baik tetap mempertahankan rutinitas pagi hari dengan meluangkan waktu istirahat 10-45 menit di siang hari. Karena tidur siang bisa membantu membersihkan emosi negatif, meningkatkan kewaspadaan, dan meningkatkan kemampuan Anda untuk belajar.

Agar akhir pekan bisa meningkatkan kualitas hidup Anda, lakukan beberapa hal bermanfaat ini:

1. Habiskan waktu dengan orang tersayang

Jalin hubungan kembali dengan anggota keluarga atau teman-teman dekat yang belum Anda temui. Hubungi mereka untuk mengetahui kegiatan. Jangan menelepon mereka hanya saat Anda membutuhkannya. 

Bergaul dengan mereka meskipun hanya sekedar minum kopi atau makan malam, sekaligus jalin silarutahmi menjelang memasuki bulan ramadan. Anda akan merasa jauh lebih baik dan segar kembali daripada menghabiskan waktu sendirian.

2. Habiskan waktu di luar ruangan

Sehari-hari Anda berurusan dengan pekerjaan di kantor maupun ruang. Di akhir pekan, saatnya melakukan kegiatan lain, terutama di luar ruangan. Berteman dengan alam, memperhatikan keindahan dan menghirup udara segar. Cari saja kegiatan luar ruangan terbaik di daerah Anda untuk akhir pekan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Kuliner sehat dan menyegarkan

Rasa dan bau makanan tak pernah salah untuk membuat pikiran lebih baik. Bersenang-senanglah dengan kuliner favorit Anda dan pastikan itu yang menyehatkan. Jika selama ini terlalu banyak lemak dan kurang serat, penuhi di akhir pekan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh Anda. Siapkan buah segar dan bikin jus sendiri dari rumah bisa menjadi ide yang menarik. Murah, sehat dan berlimpah.

4. Merapikan rumah agar lebih nyaman

Minggu depan sudah masuk ramadan, akhir pekan ini jadi momen yang pas untuk merapikan rumah, menata segala hal yang selama ini berantakan dan hadirkan suasana yang lebih nyaman. Selain perabotan, Anda juga bisa merapikan pakaian-pakaian, dokumen-dokumen dan perlengkapan kamar mandi serta dapur lainnya.

5. Jalankan hobi Anda

Apakah Anda suka memotret, memanggang roti, melukis, menulis puisi, bermain piano, atau berkebun? Luangkan waktu untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai. Anda akan merasakan langsung manfaatnya bagi jiwa dan pikiran. 

3 dari 3 halaman

6. Bermeditasi atau pergi ke kelas yoga

Meditasi meningkatkan pikiran kreatif, membantu Anda tetap fokus dan menemukan kebahagiaan dalam hidup.Latihan meditasi yang teratur adalah cara terbaik untuk menangani tingkat stres. Yoga juga merupakan bentuk meditasi yang sangat membantu melawan stres dan mencapai kedamaian tubuh serta pikiran.

7. Tertawa dan tertawa Lagi

Humor meningkatkan mood dalam banyak hal. Ini membantu mengatasi stres dan memperkuat sistem kekebalan Anda. Selain itu juga bisa mencegah Anda dari risiko terkena serangan jantung atau stroke.

8. Bersyukur

Ini adalah sesuatu yang harus Anda lakukan setiap hari, tidak hanya di akhir pekan. Bersyukur atas keluarga, teman, kesehatan, makanan, pakaian dan tempat tinggal yang Anda miliki. Cobalah untuk tidak membandingkan apa yang Anda miliki dengan orang lain. Itu tidak membantu Anda atau mereka. Bersyukur adalah sumber utama kebahagiaan. Saat bahagia, Anda bisa memancarkannya energi positif ke semua orang.

 

(*)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini