Simak Detail Layanan Tes GeNose C19 di Bandara Internasional Yogyakarta

Oleh Putu Elmira pada 06 Apr 2021, 16:03 WIB
Diperbarui 06 Apr 2021, 16:03 WIB
Ruang Check In dan Tunggu Bandara Internasional Yogyakarta
Perbesar
Kondisi ruang check in di Bandara Internasional Yogyakarta, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Selasa (23/4).Progres pembangunan Bandara Internasional Yogyakarta hampir 100 persen, sementara progres pembangunan keseluruhannya termasuk domestik mencapai 47 persen. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Tak hanya di stasiun, kini beberapa bandara di Indonesia juga telah memiliki layanan tes GeNose C19. Satu di antaranya adalah Bandara Internasional Yogyakarta yang terletak di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Layanan GeNose C19 di Bandara Internasional Yogyakarta sendiri hadir mulai Kamis, 1 April 2021. Berdasarkan keterangan yang dibagikan lewat akun Instagram resmi, biaya yang dikenakan untuk salah satu opsi tes Covid-19 ini adalah Rp40 ribu.

Selain itu, ada beberapa detail terkait layanan tes GeNose C19 di Bandara Internasional Yogyakarta yang perlu diketahui. Salah satunya, yakni waktu penyediaan layanan tes berkisar pukul 08.00--16.00 WIB.

Lokasi pelayanan sendiri terletak di sisi timur lantai mezzanine Gedung Penghubung Bandara Internasional Yogyakarta. Diimbau pula untuk tiba di bandara tiga atau empat jam sebelum waktu keberangkatan. Total ada lima mesin GeNose C19 yang tersedia di sini.

Syarat-syarat pemeriksaan GeNose C19 terdiri dari, pertama, calon penumpang harus dalam kondisi sehat. Kedua, calon penumpang telah memiliki tiket dan memesan layanan GeNose melalui aplikasi.

Ketiga, calon penumpang dilarang makan, minum, dan merokok, kecuali minum air 30 menit sebelum pemeriksaan sampel napas. Ketika akan menjalani tes GeNose C19, dipastikan calon penumpang menghindari beberapa hal berikut, yakni tidak mengonsumsi makanan dan minuman beraroma, seperti durian, kopi, petai, jengkol, bawang putih, dan rokok.

Calon penumpang yang akan menjalani tes GeNose C19 diimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melaksanaan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan.

2 dari 4 halaman

Menggunakan Alat GeNose C19

Calon Penumpang KAI Uji Tes COVID-19 dengan GeNose
Perbesar
Calon penumpang kereta api menutup kantong berisi nafasnya yang kemudian dites COVID-19 dengan GeNose C19 di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Jumat (5/2/2021). PT Kereta Api Indonesia memberlakukan calon penumpang menjalani GeNose C19 untuk tes COVID-19. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelum tes, calon penumpang harus mengetahui cara menggunakan alat GeNose C19. Pertama, mengambil napas dalam dan diembuskan melalui mulut sebanyak tiga kali.

Kedua, mengambil napas pertama dan kedua, diembuskan melalui mulut dengan masker tertutup. Ketiga, pengambilan napas ketiga diembuskan dengan meniup ke dalam kantong udara sampai penuh.

Keempat, setelah kantong udara penuh, segera tekan katup berwarna biru untuk menutup kantong udara. Berikan kantong udara tersebut ke petugas untuk diperiksa dengan mesin GeNose C19.

3 dari 4 halaman

GeNose, Alat Deteksi Cepat Covid-19 Karya Anak Bangsa

Infografis GeNose, Alat Deteksi Cepat Covid-19 Karya Anak Bangsa. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis GeNose, Alat Deteksi Cepat Covid-19 Karya Anak Bangsa. (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓