Sukses

Program Perempuan Paham Pengolahan Pangan di Tengah Pandemi Covid-19

Danareksa dan Dompet Dhuafa menggelar pelatihan untuk mengajak perempuan Indonesia menjadi lebih mandiri di tengah pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi corona Covid-19 berdampak pada aspek ekonomi dunia. Di Indonesia, Covid-19 memengaruhi 29,12 juta angkatan kerja karena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) atau jam kerja yang lebih singkat dengan persentase angkatan kerja yang terdampak sebesar 14,28 persen dari total angkatan kerja sebanyak 203,97 orang.

Melihat fakta ini, PT Danareksa (Persero) bekerja sama dengan Institut Kemandirian Dompet Dhuafa untuk membantu perempuan Indonesia memiliki keterampilan mandiri serta membantu perekonomian keluarga yang terdampak pandemi dengan mengadakan pelatihan pengolahan pangan.

"Saat ini peran perempuan tidak hanya terbatas pada urusan domestik. Mereka dapat bekerja dan turut menopang perekonomian keluarga serta tetap menjalani peran menjadi ibu rumah tangga," kata Putu Dewika Angganingrum, selaku Corporate Secretary PT Danareksa (Persero), dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

"Melalui pembekalan keterampilan ini, Danareksa berharap untuk dapat mendorong para perempuan Indonesia untuk terus berkembang demi menciptakan peluang, khususnya di bidang pengolahan pangan," lanjutnya.

Pelatihan pengolahan pangan ini dilakukan secara bertahap selama tiga kali. Para pesertanya yang sebagian besar merupakan ibu rumah tangga di Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan Tangerang, Banten. Kegiatan pertama diadakan pada 14 Januari 2021 di Khadijah Learning Centre, Karawaci, dengan kegiatan pengolahan pangan berbasis terigu.

Tahap kedua dilakukan pada 10 Februari 2021 di Desa Ciderum, Bogor, dengan memberikan pelatihan pengolahan pangan berbahan dasar buah pala dan ceker ayam. Tahap akhir dilangsungkan pada 31 Maret 2021 di Gedung Wakayapa, Karawaci, Tangerang, para peserta dilatih  pengolahan pangan berbahan dasar singkong dan pisang.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teknik Pengemasan dan Pemasaran

Selain mendapatkan pelatihan produksi, peserta juga dibekali dengan pelatihan teknik pengemasan serta pemasaran yang menarik. Tujuannya agar mereka juga dapat memasarkan produk yang dibuat.

Danareksa berencana untuk melanjutkan pelatihan ini ke depannya, kegiatan akan dilakukan di wilayah lain di Indonesia agar dapat menjangkau lebih banyak perempuan Indonesia. "Kegiatan ini sejalan dengan komitmen Danareksa untuk menggerakan dan menumbuhkan bibit UMKM baru yang dapat membantu menggerakan roda perekonomian di Indonesia," kata Dewika.

"Selain itu, sekaligus memberikan kesempatan yang sama bagi perempuan agar dapat memiliki keterampilan yang mendatangkan peluang serta manfaat baru untuk ekonomi mereka," tambahnya. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

3 dari 3 halaman

Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.