Sukses

Kisah Anies Baswedan dan Istri Kunjungi Taman Anggrek Ragunan

Taman Anggrek Ragunan yang dikunjungi Anies Baswedan dan istri adalah fasilitas yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali membagikan kegiatannya melalui unggahan di akun Instagram pribadi. Kali ini, Anies beserta sang istri, Fery Farhati, mengunjungi Taman Anggrek Ragunan.

Sederet unggahan yang dibagikan pada Sabtu, 3 April 2021 itu menampilkan Anies Baswedan dan sang istri tengah melihat-lihat anggrek hingga berbincang dengan pedagang di area tersebut. Taman Anggrek Ragunan merupakan fasilitas yang dikelola oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan.

Anies menyampaikan Taman Anggrek Ragunan menyediakan 47 kavling bagi petani Anggrek dan tanaman hias lainnya untuk menjajakan hasil budidayanya.

"Cuaca hujan kecil pagi ini menambah nuansa kesegaran pada deretan tanaman hias di sini. Supaya tidak basah di kepala, maka pinjam caping milik salah satu pedagang di kavling 12, akrab dipanggil pak Haji, agar bisa tetap leluasa memilih-milih tanaman," tulis Anies.

Ia pun berbincang dan mengetahui sang pedagang telah menjadi petani anggrek sejak masa krisis pada 1998 silam. Anies menulis, krisis memang kerap mendatangkan kesempatan dan jalan baru.

"Kebetulan pula di kavlingnya kami membeli satu Anggrek. Ia sampaikan, "Tanaman ini tahan banting, Pak. Cuaca berubah-ubah seperti apapun, Anggrek ini lebih mampu bertahan."" lanjutnya.

Cerita Anies Baswedan berlanjut ketika di kavling 17 dengan ciri khas payung Bali di pintunya, ia dan sang istri bertemu dengan Helena asal Solo. "Kavlingnya dihias cantik dengan payung warna-warni, dan kami dijamu di café kecil di dalamnya, dengan sajian kopi yang menjadi penghangat obrolan," tambahnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Miliki Ciri Khas

Disebutkan, Helena telah enam tahun menempati Taman Anggrek Ragunan. Namun baru di masa pandemi Covid-19 ini menghias kavlingnya, Helena Garden, agar lebih nyaman bagi pengunjung.

"Setiap kavling di Taman Anggrek Ragunan punya ciri khasnya sendiri. Tak cukup mampir hanya ke satu kavling bila ingin lihat luas ragam tanaman yang ada. Di bagian tengah komplek, terdapat pula beberapa pedagang ikan hias dan peralatan perawatannya," tulis Anies.

Anies mengucap syukur selama pandemi penjualan para petani anggrek di Taman Anggrek Ragunan tetap baik. Disebutkan pula, bahkan sebagian petani telah berekspansi berjualan lewat daring.

"Tak kalah oleh Anggrek liar dari hutan, para petani Anggrek dan tanaman hias di sini mampu menunjukkan keuletannya," jelasnya.

3 dari 3 halaman

8 Tips Nyaman Pakai Masker Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.