Rasa Unik, Hasil Kombinasi Superfood Antioksidan dengan Cokelat

Oleh Liputan6.com pada 04 Apr 2021, 11:33 WIB
Diperbarui 04 Apr 2021, 11:33 WIB
Ilustrasi perpaduaan superfood dan cokelat
Perbesar
Ilustrasi perpaduan superfood dan cokelat (dok. unsplash/ Nathana Rebouças)

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini superfood istilah yang kian akrab di telinga banyak orang dan mencarinya, karena bahan makanan ini yang dianggap memiliki kandungan nutrisi yang kaya manfaat untuk kesehatan. Superfood juga dapat dijadikan sebagai topping dan isian makanan agar lebih sehat, salah satunya makanan yang berbasis cokelat.

Cokelat merupakan salah satu produk pangan populer di dunia yang banyak digemari oleh semua kalangan. Saat ini, banyak sekali produk cokelat yang disajikan tidak hanya untuk hidangan penutup atau manis, melainkan dapat tersaji dengan rasa pedas, asam, dan gurih.

“Padanan rasa dark chocolate yang berkualitas dengan bahan-bahan superfood tersebut tentu akan menghasilkan rasa yang unik dan out of the box pastinya,” ungkap Sri Utami, Marketing Manager PT Gandum Mas Kencana (GMK) selaku produsen Cokelat Colatta, dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Rabu, 31 Maret 2021.

Paduan cokelat dengan superfood dapat menciptakan rasa yang unik. Beberapa superfood yang cocok dipadukan jadi topping dan isian dari cokelat, seperti buah-buahan, kelapa, teh hijau, kacang-kacangan, hingga jahe.

Kombinasi cokelat dengan buah-buahan yang asam, misalnya, dapat menghadirkan rasa pekat cokelat dan asam dari buah tersebut. Pilihlah buah yang memiliki rasa kontras agar dapat mengimbangi rasa dark chocolate yang tajam. Gunakan buah yang berwarna terang agar paduan cokelat dengan buah terlihat bagus.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Dari Rasa Kelapa hingga Jahe

Ilustrasi kelapa
Perbesar
Ilustrasi kelapa (dok.unsplash/ Tijana Drndarski)

Paduan rasa kelapa dengan cokelat juga cocok dipadukan. Rasanya yang segar dan sedikit manis serta gurih akan memberikan rasa yang unik pada beragam kue cokelat. Kelapa yang sudah diparut bisa dicampurkan langsung pada cokelat leleh.

Selain itu, cokelat juga pas dikolaborasikan bersama teh hijau. Kedua bahan menyehatkan ini terkenal menjadi salah satu superfood yang kaya akan antioksidan. Untuk membuat cokelat batangan dengan teh hijau, dapat menggunakan bubuk matcha. Campurkan ke dalam cokelat leleh dan tempelkan bubuk matcha di luar cokelat yang sudah selesai dibekukan.

Kacang-kacangan sudah lama menjadi isian dalam cokelat praline. Teksturnya yang renyah memberikan sensasi berbeda pada cokelat. Kacang juga termasuk kategori superfood yang memiliki banyak protein, salah satunya almond, mede, pecan, pistachio, walnut, dan madamia. Biji-bijian ini kaya akan serat, protein, serta antioksidan yang bisa mencegah berbagai penyakit.

Untuk menciptakan sedikit rasa berbeda dan eksotis pada cokelat, Anda bisa juga menggunakan jahe yang menyehatkan. Kombinasi rasa manis dari cokelat dan rasa jahe yang sedikit tajam dan wangi akan menghasilkan rasa yang unik. (Melia Setiawati)

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19

Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Cara Aman Pesan Makanan via Online dari Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓