Sukses

7 Rutinitas Pagi untuk Mendapat Lebih Banyak Energi

Bila merasa sudah cukup tidur, tapi masih lemas saat bangun, coba beberapa rutinitas pagi berikut.

Liputan6.com, Jakarta - Bangun tidur bisa menjelma jadi rutinitas pagi yang menyebalkan bila selalu disertai rasa lemas. Tekanan selama pandemi, seperti tugas menumpuk, tidak ada kesempatan untuk berlibur, dan rasa bosan yang terus melanda pun memperparah kondisi tersebut.

Catatan pentingnya tentu memperbaiki kualitas tidur, sehingga saat bangun mendapat energi tubuh yang cukup, serta merasa bersemangat untuk menjalani hari. Tapi, itu tak selalu mudah dilakukan. Di beberapa waktu, Anda mungkin butuh stimulus lain untuk merasa setidaknya sedikit lebih segar di pagi hari.

Dilansir dari Huffpost, Kamis, 25 Februari 2021, jika merasa sudah cukup istirahat, tapi masih lesu, berikut beberapa langkah sederhana yang dapat membantu meningkatkan energi pagi Anda.

1. Menarik napas dalam

Stres memiliki banyak efek pada tubuh, salah satunya penurunan energi. Para ahli merekomendasikan untuk memulai hari dengan intervensi yang mudah dan telah terbukti, seperi menarik napas dalam-dalam.

Sebuah studi, baru-baru ini, menyatakan bahwa dengan menutup mata dan fokus, lalu menarik napas secara sadar sebanyak 10 kali dapat jadi cara yang efektif untuk menumbuhkan kesadaran.

"Saya mencoba menarik napas dalam-dalam, lalu menahannya selama beberapa waktu sebelum kembali dihembuskan, dan dilakukan beberapa kali. Ini berguna untuk memusatkan diri sebelum hari kerja dimulai," kata Gregory Katz, ahli jantung di Nuvance Health, Connecticut, Amerika Serikat.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Terhidrasi

Minum air di pagi hari meski tidak haus, karena itu dapat jadi pendorong energi. "Tetap terhidrasi membantu meningkatkan energi Anda, karena air membantu oksigen bergerak ke seluruh tubuh," kata Stephanie Nelson, ahli diet terdaftar dan pakar nutrisi internal untuk MyFitnessPal.

"Semakin banyak oksigen di otot dan organ Anda, semakin banyak energi yang Anda miliki," imbuhnya.

3. Mulai bergerak

Latihan fisik memberi banyak manfaat untuk peningkatan energi, mulai dari memompa endorfin, sampai meningkatkan konsentrasi sehingga lebih siap mengerjakan rutinitas.

Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang menggerakan tubuh di pagi hari cenderung lebih aktif sepanjang hari. Lakukan jenis gerakan apa pun yang Anda rasa nyaman, seperti berjalan berkeliling rumah atau sekadar meregangkan otot.

"Lakukan aktivitas fisik apa pun itu, seperi yoga, peregangan, atau sesuatu yang sedikit lebih berat sehingga darah Anda bisa mengalir lancar ke seluruh bagian tubuh," kata Katz.

 

3 dari 4 halaman

4. Perhatikan Menu Sarapan

Orang cenderung merasa lapar setiap tiga sampai empat jam untuk menjaga tingkat energi penting guna memberi cukup bahan bakar bagi tubh. Sangat direkomendasikan untuk makan sarapan tinggi protein dan lemak sehat yang dapat membantu meningkatkan energi sepanjang pagi.

5. Perhatikan asupan gula

Anda disarankan untuk mengkonsumsi makanan mengandung gula, namun tidak dalam jumlah berlebih. Ketika mengonsumsi makanan mengandung terlalu banyak gula, tubuh akan memproduksi insulin dalam jumlah tinggi untuk meredam gula dalam tubuh.

Jika hal ini terjadi, Anda akan merasa lelah, lapar, dan menginginkan lebih banyak gula untuk menaikkan kadar gula darah kembali. Itu tentu berdampak buruk pada kesehatan.

6. Jangan langsung menyentuh ponsel

Ketika meraih ponsel di pagi hari, pada dasarnya Anda membiarkan seseorang atau sesuatu mendikte pikiran dan perasaan pertama yang Anda miliki.

7. Luangkan waktu untuk benar-benar mengetahui kesukaan Anda

Apa yang berhasil dilakukan seseorang di pagi hari untuk meningkatkan energi, belum tentu berhasil untuk orang lain. Ubah sedikit rutinitas pagi Anda dengan memulai hari melakukan hal yang paling Anda suka.

Pilihlah yang menurut Anda paling mudah dan lihat apa yang terjadi. Bisa sarapan dengan menu favorit, seperti mengkonsumsi yogurt dan buah, roti panggang dengan selai kacang, susu cokelat hangat, teh melati atau telur setengah matang.

Melakukan hal yang Anda sukai di pagi hari dapat memberi energi positif, sehingga Anda siap menjalani rutinitas dengan penuh semangat. (Dinda Rizky Amalia Siregar)

4 dari 4 halaman

5 Khasiat Madu untuk Perawatan Kecantikan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.