Sukses

Gibran Rakabuming Sebut Masjid Syeikh Zayed Solo Punya 4 Menara Setinggi 106 Meter dan Dihiasi 82 Kubah

Gibran Rakabuming memperlihatkan desain Masjid Syeikh Zayed di Solo, Jawa Tengah

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming kembali mengunggah tentang Masjid Syeikh Zayed yang belum lama ini diadakan peletakan batu pertamanya. Dalam unggahan kali ini, Wali Kota Solo itu mengunggah tiga video yang tertulis di bawahnya Grand Design 3 D Masjid Sheikh Zayed Solo.

"Insya Allah pada 2022 akan berdiri bangunan Masjid Syeikh Zayed Abu Dhabi di Gilingan yang megah. Dengan menampung 10.000 jamaah, masjid ini akan menjadi tempat penyebaran nilai-nilai keagamaan yang menyejukkan," tulis Gibran dalam aku Instagramnya, Rabu, 31 Maret 2021.

Dalam video itu tampak keindahan dan kemegahan masjid tersebut dengan halamannya yang luas. Dari dalam tampak keindahan desain masjid dengan lampu-lampu yang terang benderang dan tiang-tiangnya yang kokoh.

"Syeikh Zayed Grand Mosque ini akan memiliki empat menara yang masing-masing tingginya sekitar 106 meter. Masjid yang sudah memasuki proses peletakan batu pertama ini juga akan dihiasi oleh 82 kubah yang terbuat dari marmer putih, sedangkan kubah terbesar berada di ruang salat utama," imbuh Gibran.

Di samping masjid juga akan terdapat kolam mahkota yang nantinya akan berbentuk bawang yang dihiasi dengan mosaik kaca emas. Gaya arsitektur masjid ini mengadopsi unsur Maroko, Andalusia, dan Mameluke. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Monumen Persahabatan

Dalam unggahan itu, Gibran juga menjelaskan bahwa di sebelah timur akan ada bulevar, sedangkan di sisi depan akan dibangun air mancur yang dikombinasikan dengan tanaman-tanaman khas Solo.

"Masjid ini akan menjadi monumen persahabatan antara Solo-Indonesia dengan Uni Emirate Arab. Sebagai bangsa dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia, tentu masjid ini akan menjadi simbol keagungan agama Rahmatan Lil 'aalamin," kata Gibran.

Unggahan tersebut mendapat beragam komentar positif dari warganet. Banyak warganet yang memberikan dukungan kepada Gibran.

"Masya Allah tabarakallah... ga mimpi lagi berkunjung ke masjid terindah di Abu Dhabi krn akan berdiri di Solo. Insya Allah," komentar seorang warganet. "Alhamdulillah. Insya Allah menjadikan Solo kota yang sejuk," kata warganet yang lain.

3 dari 3 halaman

Bantuan DP Rumah Pekerja Informal

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.