Ini Alasan Kucing Terobsesi dengan Laser Pointer

Oleh Gilar Ramdhani pada 01 Apr 2021, 14:32 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 14:32 WIB
Kucing Terobsesi dengan Laser Pointer
Perbesar
Ilustrasi kucing terobsesi dengan laser pointer. (Credit: Shutterstock)

Liputan6.com, Jakarta Banyak aktivitas dan permainan yang disukai oleh hewan berbulu lucu, kucing. Mulai dari saling mengejar setelah makan, berguling-guling dengan bola, meringkuk untuk tidak siang dengan boneka hingga tak berhenti memandangi sesuatu di luar jendela. Namun, diantara semua aktivitas permainan, tidak ada yang membuat kucing sangat bersemangat selain laser pointer.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang mengapa kucing terobsesi dengan mainan seperti laser pointer, kamu dapat menyimak penjelasan dari dua ahli binatang seperti dikutip dari popsugar.com berikut ini.

Dokter hewan di Best Friends Animal Society, Michelle Lugones, DVM menyebutkan bahwa salah satu alasan kucing menyukai mainan penunjuk laser adalah karena mereka adalah pemburu alami dan mereka memandang laser sebagai mangsanya.

"Kebanyakan kucing senang bermain dengan laser pointer karena cahayanya dapat bergerak dengan cara yang tidak menentu dan tidak dapat diprediksi, yang meniru cara mangsanya bergerak," kata Dr. Lugones seperti dikutip di popsugar.com.

Bangkitkan Naluri Berburu

Kucing Terobsesi dengan Laser Pointer
Perbesar
Ilustrasi kucing terobsesi dengan laser pointer. (Credit: Shutterstock)

Menurut Dr. Lugones cahaya laser pointer mendorong untuk aktif dan membangkitkan naluri berburu. 

"Kucing dapat mengejar, mengintai, dan menyergap cahaya, yang membuat mereka berolahraga, tetapi juga memungkinkan mereka melakukan perilaku berburu alami." ujr Dr. Lugones.

Matthew McCarthy, DVM, pendiri Rumah Sakit Hewan Lembah Juniper di Middle Village, NY, menambahkan bahwa kucing dapat digambarkan sebagai "predator", dan mencatat bahwa perilaku ini masih ditemukan pada teman kucing kita meskipun mereka memiliki banyak makanan tersedia bagi mereka. 

"Ini difasilitasi oleh visi unik mereka yang disesuaikan untuk merespon dan melacak gerakan cepat seperti tikus atau mangsa kecil yang bergerak cepat lainnya," kata Dr. McCarthy.

Dr. McCarthy juga  berbagi bahwa pemilik mungkin telah melihat "mekanisme bekerja" ini jika kucing mereka cenderung merespons gerakan penunjuk laser yang lebih pendek dan tidak menentu dibandingkan dengan gerakan yang lebih lama dan lebih lambat saat mereka bermain dengan pemiliknya.

Kucing Tidak Melihat Warna Merah

Kucing Terobsesi dengan Laser Pointer
Perbesar
Ilustrasi kucing terobsesi dengan laser pointer. (Credit: Shutterstock)

Namun, yang mungkin mengejutkan, bukan warna kemerahan dari laser pointer yang menarik kucing. Dr. McCarthy berbagi fakta menarik yang mungkin mengejutkan pemilik kucing yang menggunakan penunjuk laser untuk bermain dengan hewan peliharaannya. 

Menurutnya, kucing tidak dapat melihat warna merah , dan sebenarnya hanya melihat dunia dengan warna biru, hijau, dan kombinasi dari dua warna ini. 

"Jadi kemungkinan besar kontras tajam dari cahayanya itu sendiri yang menarik mereka ke sinar penunjuk," katanya.

 

Perhatikan Makanan Kucing Kesayangan

Sselesai bermain laser pointer, hadiahi kucing dengan mainan fisik atau makanan. Boleh saja mencoba berbagai tips yang membantu kucing tetap sehat dan happy, tapi soal cat food sebaiknya selalu percayakan pada Muezza.

Dibuat dari bahan-bahan alami, cat food berkualitas ini diolah dengan teknologi modern tanpa bahan sintetik. Diformulasikan khusus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi, Muezza bantu jaga kesehatan kucing mulai dari pencernaan, reproduksi hingga keindahan bulunya.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Bertani di Atas Masjid