6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris

Oleh Liputan6.com pada 02 Apr 2021, 07:03 WIB
Diperbarui 02 Apr 2021, 07:03 WIB
6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris
Perbesar
Torta Pascualina. (dok. Instagram @tavolategusto/ https://www.instagram.com/p/BvWnCh3FGvb/?igshid=1ek5jk9f6f5g1 / Melia Setiawati)

Liputan6.com, Jakarta - Tepat pada hari ini, Jumat (2/4/2021), umat Kristiani merayakan Jumat Agung atau dikenal sebagai wafatnya Isa Almasih. Sementara pada Minggu, 4 April 2021, seluruh umat Kristiani di seluruh dunia merayakan hari kebangkitan Yesus Kristus atau Paskah.

Berbagai persiapan untuk menyambut hari besar ini akan dilakukan dengan penuh suka cita. Sebagai hari yang sangat penting, Paskah identik dengan berbagai macam dekorasi, berkumpul bersama keluarga tercinta hingga menikmati hidangan khas Paskah yang didominasi oleh telur. Namun, nyatanya tak hanya telur.

Sama halnya dengan berbagai hari besar lainnya, perayaan Paskah juga pasti akan diramaikan dengan berbagai makanan lezat dan unik. Dilansir dari Insider, Kamis, 1 April 2021, berikut enam jenis makanan lezat khas Paskah dari berbagai penjuru dunia.

1. Torta Pascualina - Argentina

Pascua merupakan bahasa Spanyol dari Paskah dan Tarta Pascualina memiliki arti "Kue Tar Saat Paskah." Pai gurih ini diisi dengan ricotta, telur rebus, bayam, artichoke, dan peterseli. Makanan ini tidak menggunakan daging, melainkan dengan banyak telur yang juga melambangkan kebangkitan Yesus Kristus.

 

6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris
Perbesar
Fanesca. (dok. Instagram @pilarwoloszyn/ https://www.instagram.com/p/B-yFp4wDQ2B/?igshid=ofzgu45l6wgt / Melia Setiawati)

2. Fanesca - Ekuador

Fanesca merupakan sup lezat yang terdiri dari berbagai macam biji-bijian, kacang-kacangan, bacalao, dan ikan cod asin kering. Bahan-bahan yang digunakan dari makanan ini berbeda dari tiap rumah, tetapi umumnya menggunakan kacang fava, labu, jagung, nasi, bawang putih, bawang merah, kacang polong, dan susu.

Idealnya, ada 12 jenis kacang yang berbeda digunakan untuk membuat sup ini. Kacang-kacang tersebut melambangkan 12 apostel, sedangkan bacalao merepresentasikan Yesus.

 

 

2 dari 5 halaman

3. Hot Cross Buns - Inggris

6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris
Perbesar
Hot Cross Buns. (dok. Instagram @boothscountry/ https://www.instagram.com/p/CMuzIhMDqbG/?igshid=d1aq1mhcssie / Melia Setiawati)

Roti manis berbumbu ini secara tradisional dimakan pada hari Jumat Agung untuk menandakan akhir dari Pra-paskah. Roti ini menjadi bagian tradisi Paskah selama berabad-abad lamanya.

Kismis atau anggur kering biasanya digunakan untuk menghiasi roti. Sementara, taburan gula digunakan untuk membuat salib di atasnya yang menandakan penyaliban Yesus.

 

6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris
Perbesar
Leg of Lamb. (dok. Instagram @simplyfoodbymandly/ https://www.instagram.com/p/CMZAXvXHIsB/?igshid=1spgumrq52sp4 / Melia Setiawati)

4. Leg of Lamb - Prancis

Orang Prancis memiliki resep Paskah khusus untuk kaki domba yang dikenal sebagai "le gigot d'agneau Pascal” atau yang artinya “kaki domba di hari Paskah.”

Meskipun namanya tampak rumit, tetapi memiliki resep yang sebenarnya cukup sederhana. Daging (domba yang dikenal sebagai hewan kurban) dibumbui dengan bawang putih dan rempah-rempah seperti rosemary, lalu dipanggang.

 

 

3 dari 5 halaman

5. Capirotada - Meksiko

6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris
Perbesar
Capirotada. (dok. Instagram @miichlife/ https://www.instagram.com/p/B402eQmhc0R/?igshid=e90og4gmencv / Melia Setiawati)

Capirotada dibuat untuk melambangkan peristiwa penyaliban, batang kayu manis melambangkan salib, kemdian cengkeh sebagai paku, dan roti melambangkan sebagai tubuh Kristus. Roti puding ini disajikan pada Jumat Agung. Resep untuk capirotada ini sangat bervariasi pada berbagai negara, tetapi biasanya hidangan ini dibuat dari bolillo (roti yang mirip dengan baguette).

Bolillo yang digunakan umumnya telah direndam dengan sirup yang terbuat dari gula, batang kayu manis, dan cengkeh. Taburan yang digunakan adalah kacang, buah kering, dan taburan permen kecil.

 

 

6 Kuliner Khas Paskah dan Jumat Agung, dari Argentina sampai Inggris
Perbesar
Baked Ham. (dok. Instagram @macineclaire.w/ https://www.instagram.com/p/BhM4ztAgVrr/?igshid=11ht58wuqc2uy / Melia Setiawati)

6. Baked Ham - Inggris

Banyak keluarga di Amerika Serikat yang menikmati ham panggang untuk hari Paskah. Ham dengan rasa manis, berkat taburan gula yang terbuat dari madu dan gula merah, serta dilapisi dengan irisan nanas.

Sebelumnya, hewan disembelih di musim gugur, kemudian daging yang sudah disembelih tersebut diawetkan sampai hari Paskah baru bisa dihidangkan dan dinikmati. Hal itu sudah menjadi tradisi mereka. (Melia Setiawati)

4 dari 5 halaman

Diplomasi Indonesia via Jalur Kuliner

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner
Perbesar
Diplomasi Lewat Jalur Kuliner (Liputan6.com/Abdillah)
5 dari 5 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓