MUFFEST 2021 Bergerilya ke Semarang dan Surabaya demi Kelangsungan Fesyen Muslim Lokal

Oleh Komarudin pada 01 Apr 2021, 16:04 WIB
Diperbarui 01 Apr 2021, 16:04 WIB
Konferensi Pers MUFFEST 2021 di Yogyakarta
Perbesar
konferensi Pers MUFFEST 2021 dari Hartono Mall, Yogyakarta, Rabu, 30 Maret 2021 (dok.dyandra promosindo)

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 tak menghalangi orang untuk beraktivitas, salah satunya dilakukan Indonesian Fashion Chamber (IFC) dan Dyandra Promosindo menggelar ajang Muslim Fashion Festival (MUFFEST) mulai 31 Maret--11 April 2021. Kali ini, acara tersebut diselenggarakan di lima kota besar, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bekasi, dan Bandung.

Acara bertema “Recovery for Fashion Industry” merupakan langkah awal yang positif dan akan terus berkesinambungan. Kolaborasi seluruh pihak yang terlibat diharapkan dapat lebih mengoptimalkan pelaksanaan MUFFEST di tengah pandemi Covid-19 demi membantu eksisnya fesyen muslim di Indonesia.

"Kita respect terhadap peraturan pemerintah, namun kita harus bisa survive, berusaha, bergerak, untuk menjalankan roda ekosistem fesyen nasional," ujar Sekretaris Jenderal Indonesian Fashion Chamber (IFC) Lia Mustafa dalam konferensi pers secara daring dari Hartono Mall, Yogyakarta, Rabu, 31 Maret 2021.

Lia menambahkan, MUFFEST berkomitmen untuk membantu para pelaku kreatif memulihkan bisnisnya, memberikan kesempatan berkarya, berpameran, serta mengajak pelaku dan konsumen. Hal itu dilakukan untuk lebih mempunyai tanggung jawab melalui konsep sustainable, menggaungkan kembali cinta produk Indonesia.

"Antusiasme para UKM fesyen yang ada di Yogyakarta, Semarang, Solo, Kendari, dan sekitarnya, sangat kami apresiasi. Sebanyak lebih dari 50 desainer dan brand akan menampilkan koleksinya dalam pameran dan fashion show,” imbuh Lia.

Pameran MUFFEST yang menempati area Grand Atrium Hartono Mall akan menyertakan puluhan desainer dan jenama, baik lokal maupun nasional. Sementara itu, rangkaian peragaan busana akan berlangsung pada 9, 10, dan 11 April 2021.

2 dari 4 halaman

Pembukaan dan Fashion Show

Konferensi Pers MUFFEST 2021 di Yogyakarta
Perbesar
konferensi Pers MUFFEST 2021 dari Hartono Mall, Yogyakarta, Rabu, 30 Maret 2021 (dok.dyandra promosindo)

Pembukaan fashion show yang akan dihadiri oleh Kustini Sri Purnomo, Bupati Sleman, dilaksanakan pada 9 April dengan menampilkan karya dari 18 desainer kebanggaan tanah air, di antaranya Phillip, Afif Syakur, Wening Angga, Lia Mustafa, Deden Siswanto, Ohmm by BAI, Retty Selya, dan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan fashion show pada 10 April 2021. Bank Indonesia Yogyakarta akan mempersembahkan koleksi dari 10 desainer member IFC Yogyakarta Chapter, antara lain Luffi Luvnic, Dewi Roesdji, Mia Ridwan, Sofie R, dan Lanny Amborowati, serta karya dari BBPLK Semarang dan BLK Kendari.

Pada 11 April akan digelar Inagurasi IFC Community Semarang yang menampilkan karya dari 17 member. Sementara, penutupan fashion show akan menghadirkan karya dari delapan desainer, antara lain Ina Priyono yang didukung oleh Bank Indonesia Semarang dan Tuty Adib yang didukung oleh Bank Indonesia Solo.

Penutupan fashion show MUFFEST di Yogyakarta akan dihadiri oleh Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Paku Alam, Wakil Ketua Dekranasda Daerah Istimewa Yogyakarta. Para pelaku industri fesyen muslim yang berbasis di daerah, seperti Yogyakarta, tentunya menyambut baik MUFFEST sebagai salah satu solusi atas masalah yang dihadapi di masa pandemi.

Selain Yogyakarta, rangkaian MUFFEST pekan ini juga dilaksanakan di Surabaya yang bertempat di Pakuwon Mall, mulai 1--11 April 2021. Kegiatan MUFFEST di Surabaya akan menghadirkan pameran dan fashion show yang menampilkan karya desainer serta jenama fesyen muslim lokal dan nasional, antara lain Hannie Hananto, AM by Anggiasari, Rosie Rahmadi, Emmy Thee, Rengganis, Tufiana, Yeti Topiah, dan lain-lain.

3 dari 4 halaman

Pakai Tali Strap di Masker, Apa Risikonya?

Infografis Pakai Tali Strap di Masker, Apa Risikonya? (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Pakai Tali Strap di Masker, Apa Risikonya? (Liputan6.com/Abdillah)
4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Lanjutkan Membaca ↓